Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PBB Desak Kompensasi untuk Korban HIV

Terinveksi saat Donor Darah

Jumat, 19 September 2008 – 12:38 WIB
PBB Desak Kompensasi untuk Korban HIV - JPNN.COM
BEIJING – Di kala skandal susu beracun Tiongkok menjadi sorotan dunia, negeri itu kembali disoal masalah kesehatan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sampai turun tangan. Mereka meminta Negeri Panda lebih memperhatikan masalah kesehatan. PBB juga mendesak Tiongkok segera merealisasikan kompensasi kepada ribuan orang yang telah terinfeksi virus HIV gara-gara mendonorkan darah mereka.

Menurut Peter Piot, direktur UNAIDS –badan PBB yang menangani HIV/AIDS, terdapat ribuan warga Tiongkok yang jadi korban. Peristiwanya terjadi pada akhir 90-an dan awal dekade ini, yaitu ketika maraknya perdagangan darah ilegal di Provinsi Henan. Yang memprihatinkan, hingga sekarang para korban yang terinfeksi virus mematikan itu tak kunjung mendapatkan ganti rugi.

’’Sebenarnya, rakyat masih tetap menanti (realisasi) kompensasi,’’ kata Piot. ’’Masalah kompensasi ini sangat tragis. Bahkan, di pengadilan sepertinya hal ini tidak bisa diselesaikan. Tapi, saya akan terus mengangkat isu masalah ini (dengan para pemimpin Tiongkok).’’

Piot berencana menemui Wakil Perdana Menteri (PM) Li Keqiang guna membahas kompensasi tersebut. Pasalnya, Li adalah petinggi di Provinsi Henan saat peristiwa itu terjadi. Lagi pula, dengan jabatan yang kini disandangnya, salah satu tanggung jawabnya adalah berkaitan dengan program HIV/AIDS di Tiongkok.

BEIJING – Di kala skandal susu beracun Tiongkok menjadi sorotan dunia, negeri itu kembali disoal masalah kesehatan. Perserikatan Bangsa-Bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close