Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

PBB Dorong Investigasi Israel

Rabu, 02 Juni 2010 – 05:39 WIB
PBB Dorong Investigasi Israel - JPNN.COM
JERUSALEM - Serangan tentara Israel terhadap kapal bantuan kemanusiaan yang tergabung dalam misi Freedom Fotilla di perairan internasional pada Senin lalu (31/5) terus menuai kecaman. Protes dan unjuk rasa mengutuk serangan itu marak di hampir seluruh dunia kemarin (1/6). Selain di negara-negara berpenduduk muslim, demo berlangsung di negara-negara Eropa, Asia, bahkan di dalam negeri Israel. Mereka mengutuk penyerbuan terhadap enam kapal bantuan, termasuk kapal berbendera Turki Mavi Marmara yang saat itu membawa sekitar 600 relawan dan aktivis.

Misi tersebut mengangkut 10 ribu ton bantuan bagi rakyat Palestina di Jalur Gaza yang terkena blokade dan embargo Israel beberapa tahun ini. Sebanyak 700 relawan pro-Palestina bergabung dalam misi tersebut. Sebanyak 19 relawan tewas karena serangan Israel dan 36 lainnya luka-luka. Israel juga mengklaim 10 tentaranya terluka. Merespons serangan tersebut, Dewan Keamanan (DK) PBB mengadakan pertemuan darurat di New York kemarin. Setelah bersidang secara tertutup lebih dari 12 jam, DK PBB sepakat untuk menyerukan dan mendorong investigasi atas kasus itu.

Pada saat bersamaan, Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB (UN Human Rights Council) kemarin sore (tadi malam WIB) juga mengadakan sidang darurat di Jenewa, Swiss. Pertemuan tersebut berlangsung setelah ada tekanan dari negara-negara muslim soal perlunya penyelidikan internasional atas penyerbuan Israel terhadap kapal bantuan kemanusiaan yang menuju Jalur Gaza.

"Dewan akan mengadakan perdebatan mendesak soal insiden kapal bantuan bagi Gaza," tutur Claire Kaplun, juru bicara dewan yang beranggota 47 negara tersebut. Permintaan diajukan oleh negara-negara anggota Liga Arab dan Organisasi Konferensi Islam (OKI).

loading...