Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PBB Pastikan Tidak Ada Penarikan Personel dari Gaza

Kamis, 27 Juni 2024 – 23:57 WIB
PBB Pastikan Tidak Ada Penarikan Personel dari Gaza - JPNN.COM
Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan kamp pengungsi Maghazi di Jalur Gaza diserang oleh pemboman udara sejak Minggu malam. (AP: Fatima Shbair)

jpnn.com, NEW YORK CITY - Juru Bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Stephane Dujarric menegaskan bahwa PBB tidak menarik diri dari Gaza dan menolak klaim sebaliknya.

"Kami hanya berusaha menemukan ruang di mana kami beroperasi dalam kondisi yang memenuhi standar kami yang sangat mendasar dan sederhana,” kata Dujarric kepada wartawan seperti dikutip dari Anadolu, Kamis.

Dujarric turut menekankan bahwa PBB tidak beroperasi di bawah perlindungan tentara Israel dan menempuh jalan yang berbeda.

“Namun jalan menuju kesuksesan di sini adalah gencatan senjata, kemampuan kami untuk memiliki akses kemanusiaan penuh dan tanpa hambatan, untuk segera membebaskan semua sandera,” ucapnya.

Dia menambahkan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan ketidakamanan dan permusuhan aktif di Gaza selatan masih menjadi hambatan utama bagi operasi kemanusiaan. Salah satu kendala utama dan yang terus berlanjut adalah pengambilan pasokan dari penyeberangan Kerem Shalom.

“Untuk melakukan hal tersebut, organisasi kemanusiaan menghadapi aktivitas kriminal di sepanjang jalan yang terpaksa mereka hadapi, di tengah operasi militer Israel di dekatnya. Pihak berwenang Israel terus membatasi penggunaan jalan alternatif,” ujar Dujarric.

Mengenai penyaluran bantuan dari dermaga terapung buatan Amerika Serikat di Gaza, lanjut dia, PBB masih mengkaji situasi keamanan dan belum menyalurkan bantuan dari sana karena kondisi yang diperlukan tidak terpenuhi.

“Apakah organisasi-organisasi non-PBB lainnya akan mengambil bantuan tersebut, itu adalah pertanyaan yang harus dijawab oleh negara lain. Namun kami, sebagai PBB, tidak memilih jalan itu, (kami) belum memiliki kondisi yang diperlukan untuk menerima bantuan tersebut,” tuturnya. (ant/dil/jpnn)

Juru Bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Stephane Dujarric menegaskan bahwa PBB tidak menarik diri dari Gaza dan menolak klaim sebaliknya

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close