Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PCX Markets Berhasil Cegah 100 Juta Kilogram Limbah Plastik Cemari Lingkungan

Jumat, 06 September 2024 – 15:42 WIB
PCX Markets Berhasil Cegah 100 Juta Kilogram Limbah Plastik Cemari Lingkungan - JPNN.COM
PCX Markets (PCX) telah berhasil mengalihkan sebesar 34 persen atau lebih dari 100 juta kilogram limbah plastik dari lingkungan sejak Januari lalu. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - PCX Markets (PCX) telah berhasil mengalihkan sebesar 34 persen atau lebih dari 100 juta kilogram limbah plastik dari lingkungan sejak Januari lalu.

Angka tersebut setara dengan 6,6 miliar botol plastik 15 gram, atau cukup untuk mengelilingi Bumi 25 kali. Pencapaian ini menjadi langkah penting dalam memerangi polusi plastik dan memperkuat peran PCX dalam upaya global memerangi limbah plastik.

Sebagai salah satu pihak yang konsisten mendanai penanggulangan polusi plastik dan pembangunan infrastruktur pengelolaan limbah, PCX telah membantu meningkatkan pengalihan limbah plastik sebesar 34 persen sejak Januari.

Pencapaian ini tidak hanya menunjukkan komitmen PCX untuk mengatasi satu dari sejumlah tantangan lingkungan yang paling mendesak di dunia, tapi juga menunjukkan kontribusinya secara global dan lokal, khususnya di Asia Tenggara.

Dalam krisis polusi plastik yang dihadapi dunia saat ini, negara-negara berkembang menanggung beban terberat. Di Indonesia, misalnya, sekitar 7,8 juta ton limbah plastik dihasilkan setiap tahun.

Sebanyak 5 juta ton dari limbah tersebut tidak tertampung di tempat pembuangan sampah. Tempat pembuangan akhir pun tidak dikelola dengan baik, berdasarkan data dari Bank Dunia.

Daerah pedesaan menyumbang dua pertiga dari limbah plastik yang tidak terkelola dengan baik di Indonesia, akibat terbatasnya program pengelolaan sampah dan kurangnya fasilitas daur ulang.

Tanpa intervensi besar, polusi plastik diperkirakan akan meningkat 30 persen pada 2025 dan lebih dari dua kali lipat pada tahun 2040.

PBB saat ini sedang merancang perjanjian global tentang plastik yang diharapkan selesai pada Desember 2024. Diperkirakan sekitar $1,64 triliun akan diperlukan untuk mengatasi polusi plastik pada tahun 2040.

Sementara itu, National Plastic Action Partnership (NPAP) Indonesia memperkirakan bahwa negara ini membutuhkan sekitar 18 miliar dolar AS investasi modal untuk mengurangi kontaminasi plastik ke laut sebesar 70 persen pada tahun 2025 dan untuk mencapai ekonomi sirkular untuk plastik pada tahun 2040.

Dalam laporan terbaru mengenai kredit plastik, Bank Dunia memperkirakan bahwa plastik kredit dapat mendatangkan pendanaan sebesar USD 30 juta per tahun. Pendanaan tersebut dapat didedikasikan untuk program intervensi polusi plastik dalam lima tahun ke depan.

“Kita berada di ambang perubahan besar. Usaha PBB dalam merumuskan perjanjian global untuk menuntaskan polusi plastik telah menciptakan kesadaran bersama di sektor publik dan swasta bahwa kita harus bertindak cepat untuk mengatasi krisis ini,” ujar pendiri PCX Markets dan PCX Solutions, Nanette Medved-Po.

PCX Markets telah meningkatkan upaya pengalihan limbah plastik sebesar 34 persen dengan menawarkan solusi terdepan untuk mengatasi krisis limbah plastik global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA