Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PDIP dan NU Dianggap jadi Penentu Keunggulan Arif-Rista di Pilkada Kebumen

Kamis, 10 Desember 2020 – 11:36 WIB
PDIP dan NU Dianggap jadi Penentu Keunggulan Arif-Rista di Pilkada Kebumen - JPNN.COM
Ilustrasi Pilkada 2020. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, KEBUMEN - Duet Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih memenangi Pilkada Kabupaten Kebumen 2020 dengan perolehan suara lebih dari 60 persen.

Itu memang belum final lantaran penghitungan sesungguhnya di KPU alias real count belum selesai.

Hingga Kamis (10/12) pagi, setelah 50,17 persen suara masuk, Arif-Rista telah mengantongi 61,2 persen, sementara lawannya yakni kolom kosong, 38,8 persen.

Meski di pekan terakhir sempat muncul gerakan gerakan yang berupaya menggalang dukungan untuk kolom kosong, tetapi pasangan Arif-Rista tetap menang di hampir semua kecamatan di Kabupaten Kebumen.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Nahdlatul Ulama (NU) disebut-sebut menjadi faktor penentu kemenangan pasangan Arif-Rista.

"PDIP sejak awal pencalonan Arif-Rista terlihat paling depan dalam upaya sosialisasi ke masyarakat maupun konsolidasi di internal partainya. Sementara NU dalam konteks ini PCNU Kabupaten Kebumen melalui tokoh sentral dan kader penggeraknya menjadi instrumen yang efektif di basis-basis kultural NU di hampir semua desa,” kata akademisi STIE Putra Bangsa, Muhammad Baihaqi, Kamis (10/12).

Baihaqi menjelaskan, meskipun semua partai di Kebumen memang memberikan dukungan kepada pasangan Arif-Rista, tetapi di lapangan baik itu yang terlihat melalui alat peraga kampanye (APK), sosialisasi di sosial media, dan juga diskursus di masyarakat, yang paling terlihat adalah gerakan politik PDIP.

“Bukan berarti menafikan kerja-kerja politik partai lain pengusung pasangan Arif-Rista, tetapi memang publik secara umum melihat PDIP yang berjibaku memenangkannya,” ujarnya.

Hingga Kamis (10/12) pagi, setelah 50,17 persen suara masuk, Arif-Rista telah mengantongi 61,2 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close