Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PDIP Ingin Isu Keadilan Ekonomi Jadi Perhatian Bersama

Selasa, 09 Juni 2020 – 16:12 WIB
PDIP Ingin Isu Keadilan Ekonomi Jadi Perhatian Bersama - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menginginkan isu keadilan jadi perhatian oleh masyarakat. Sebab, dia menilai masalah utama yang dihadapi Indonesia saat ini adalah mewujudkan salah satu tujuan utama Pancasila, yakni keadilan sosial dalam bidang ekonomi yang belum terwujud sepenuhnya.

Hasto menerangkan, Bung Karno menyatakan prinsip keadilan di Pancasila itu hadir sebagai pilar kemakmuran. Bahwa di atas bumi Indonesia Merdeka tidak boleh lagi ada kemiskinan

"Praktis Pancasila dalam kehidupan berbangsa, instrumen terminalnya adalah keadilan itu. Suatu pijakan yang visioner, namun menyentuh hal yang paling hakiki setiap manusia terjajah yakni rasa keadilan," kata Hasto saat menjadi keynote speaker dalam webinar bertema 'Pancasila dan Keadilan Sosial', yang digelar Selasa (9/6), dalam rangka perayaan Bulan Bung Karno.

Dengan prinsip gotong royong Pancasila, maka negara dan rakyat Indonesia berdiri di atas tujuan mewujudkan tatanan masyarakat yang adil di segala bidang kehidupan. Khususnya adil secara politik, adil di bidang hukum, dan adil di bidang ekonomi.

Menurut Hasto, adil di bidang politik dijabarkan dalam bentuk keseteraan setiap warga negara, penghormatan atas hak politik untuk berserikat dan berkumpul serta menyampaikan pendapat.

Adil di mata hukum diwujudkan dalam prinsip kesetaraan dalam hukum. Masalahnya hukum masih dikooptasi oleh kekuasaan yang digerakkan oleh kepentingan. Terlebih dalam realitas model reproduksi politik yang liberal dan kapitalistik pascakrisis 1997.

"Kami masih lihat, keadilan dalam hukum terhambat oleh reproduksi gaya politik AS melalui NCID. Inilah suprastruktur politik kita hingga begitu liberal kapitalistik," kata dia.

Di bidang ekonomi, secara ideologis dan konstitusional mengatur Indonesia dibangun untuk semua, berdiri di atas semua paham individu atau golongan.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menginginkan isu keadilan jadi perhatian oleh masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close