Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peduli Sejarah, Bangun Museum Becak

Rabu, 02 Januari 2013 – 02:50 WIB
Peduli Sejarah, Bangun Museum Becak - JPNN.COM
MAKASSAR - Bukan tidak mungkin beberapa tahun mendatang kendaraan tiga roda (becak) akan hilang di Makassar. Perlahan jumlahnya kini semakin berkurang. Yang banyak justru becak modifikasi yang populer disebut bentor, singkatan dari becak motor.

   

Kebijakan pemerintah kota yang membatasi ruang gerak becak menjadi salah satu penyebab kemungkinan hilangnya alat transportasi tradisional tersebut. Di samping itu perilaku hidup sebagian warga juga mulai berpaling dari becak dengan memilih sepeda motor sebagai kendaraan pribadi.

   

Kondisi ini yang melatarbelakangi pengusaha Makassar, Arwan Tjahjadi membangun museum becak. Rencananya, museum itu akan dibangun di beberapa kota. Selain Makassar, juga akan dibangun di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Medan, dan lainnya. Bahkan saat ini museum serupa sementara dibangun di Bali, Denpasar.

   

"Di Bali sudah mulai dibangun. Di sana ada belasan buah becak. Ada becak Makassar, becak Yogyakarta, becak Surabaya, becak Medan, dan lainnya. Kami memang mendatangkannya dari beberapa daerah lalu dimodifikasi," kata Arwan seperti dilansir FAJAR (JPNN Group), Rabu (2/1).

   

MAKASSAR - Bukan tidak mungkin beberapa tahun mendatang kendaraan tiga roda (becak) akan hilang di Makassar. Perlahan jumlahnya kini semakin berkurang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA