Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pejabat Bank Jabar Dituntut 4 Tahun

Senin, 08 November 2010 – 13:16 WIB
Pejabat Bank Jabar Dituntut 4 Tahun - JPNN.COM
JAKARTA - Tim Jaksa Penuntut Umum KPK yang diketuai Zet Tadungalo, menuntut terdakwa Herry Achmad Buchory, pimpinan Divisi Akuntansi Bank Jabar, dengan pidana 4 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan. "Terdakwa secara sah dan meyakinkan telah melakukan beberapa tindakan pidana korupsi secara bersama-sama," kata Zet, Senin (8/11), di Pengadilan Tipikor.

Herry dianggap melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a UU Pemberantasan Tipikor, jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana jo Pasal 65 ayat 1 KUHPidana. Dia menjadi terdakwa dalam kasus suap tim pemeriksa pajak Kantor Pemeriksa dan Penyidikan (Karipka) Bandung I, untuk tahun pajak 2001 dan 2002 senilai Rp 2,55 miliar. Suap itu sendiri dimaksudkan agar tim pemeriksa menurunkan nilai pajak yang harus dibayar oleh Bank Jabar.

Disebutkan, terdakwa secara sendiri atau bersama-sama dengan Direktur Utama Bank Jabar, Umar Syarifuddin, dan Direktur Pemasaran Bank Jabar, Abas Suhari Sumantri, telah memberi atau menjanjikan pemberian uang sebesar Rp 1 miliar dan Rp 1,55 miliar kepada Edy Setiadi, Dedy Suwardi, Roy Yuliandri, Din Rajanamulya dan M Yazid. Edy Setiadi merupakan Kepala Kantor Karipka Bandung I, sedangkan Dedy Suwardi, Roy Yuliandri, Din Rajanamulya dan M Yazid, merupakan tim pemeriksa pajak.

Untuk diketahui, pada tahun 2001, dari pemeriksaan awal, pajak yang harus dibayar Bank Jabar sedianya adalah Rp 129 miliar. Dalam pemeriksaan tahap selanjutnya, pajak kemudian turun menjadi Rp 74 miliar, lantas setelah finalisasi pemeriksaan, jumlah pajak yang harus dibayar diturunkan lagi menjadi Rp 4 miliar. Sedangkan pada tahun 2002, jumlah pajak yang harus dibayar awalnya Rp 51 miliar. Terakhir, ternyata jumlah pajak diturunkan menjadi Rp 7 miliar.

JAKARTA - Tim Jaksa Penuntut Umum KPK yang diketuai Zet Tadungalo, menuntut terdakwa Herry Achmad Buchory, pimpinan Divisi Akuntansi Bank Jabar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close