Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pejabat SDM Puji Rekrutmen di Kepolisian

Senin, 05 Oktober 2009 – 19:24 WIB
Pejabat SDM Puji Rekrutmen di Kepolisian - JPNN.COM
JAKARTA-- Sembari mengacungkan jempol, Deputi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ramli Naibaho, memuji sistem rekrutmen di instansi kepolisian. Selain instansi kepolisian, Departemen Luar Negeri (Deplu) juga mendapat pujian dari anak buah Menpan Taufiq Effendi itu.

"Ini kemajuan besar dan patut dicontohi. Kepolisian saja bisa melakukan rekrutmen terbuka, pelamar pun bisa mengajukan lamaran via internet tanpa perantara," kata Ramli Naibaho di kantornya, Senin (5/10).

Saat ditanya bukannya selama ini sudah menjadi semacam rahasia umum bahwa untuk bisa menjadi anggota kepolisian harus mengelurkan pelicin, Ramli malah meminta agar wartawan jangan selalu berpikiran negatif. Katanya, rekrutmen personil polisi yang disebut-sebut menggunakan uang pelicin itu hanya terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Sekarang, katanya, lembaga penegak hukum tersebut mengubah sistem penerimaan calon tantama, bintara maupun perwira polisi.

Dengan perubahan sistem perekrutan, lanjutnya, setiap warga negara Indonesia yang punya kompetensi bisa menjadi anggota polisi. "Memang, sudah rahasia umum, perekrutan polisi pakai jatah-jatahan dan dipatok sekian juta. Dengan reformasi birokrasi, kepolisian bisa membuktikan kalau lembaga ini dapat melaksanakan penerimaan polisi yang bebas KKN. Meski untuk bebas KKN 100 persen butuh proses panjang, paling tidak lembaga ini sudah memulainya," bebernya.

JAKARTA-- Sembari mengacungkan jempol, Deputi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ramli Naibaho, memuji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA