Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pekan Depan, Pemprov Jateng Tentukan Langkah Rehabilitasi Pascabanjir

Minggu, 24 Maret 2024 – 21:08 WIB
Pekan Depan, Pemprov Jateng Tentukan Langkah Rehabilitasi Pascabanjir - JPNN.COM
PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana, bersama warga korban banjir di Demak, Minggu (24/3). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, DEMAK - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan menentukan langkah-langkah rahabilitasi pascabanjir di wilayahnya pada pekan depan.

Hal itu disampaikan PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana, saat mendampingi Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memberikan bantuan kepada korban banjir di Demak, Minggu (24/3).

"Setelah seluruh genangan air disedot, dengan berkolaborasi bersama sejumlah pihak, pemerintah akan membantu membersihkan lingkungan permukiman warga,” kata Nana Sudjana.

Rencananya, lanjut dia, pada medio pekan depan, Pemprov akan menyelenggarakan rapat koordinasi dengan BNPB dan Kementerian PUPR.

Antara lain membicarakan terkait upaya penuntasan masalah tanggul, perbaikan rumah warga yang rusak, perbaikan jalan utama yang rusak, dan perbaikan sanitasi.

"Saat ini sedang kami lakukan pendataan semua, termasuk jalan raya dan perumahan masyarakat. Pada saatnya segera akan kami koordinasikan untuk diperbaiki. Apalagi jalan-jalan utama, jalan nasional yang memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat, apalagi sebentar lagi ada arus mudik dan arus balik," katanya.

Nana membeberkan, empat tanggul jebol baik yang ada di Demak maupun di Grobogan sudah berhasil ditutup. Seiring dengan tertutupnya tanggul yang jebol, genangan air juga sudah mulai surut.

Pemerintah kini mengoperasionalkan 22 pompa untuk membuang air yang masih menggenang menuju ke sungai.

Pemprov Jateng akan menentukan langkah-langkah rahabilitasi pascabanjir di wilayahnya pada pekan depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close