Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pekanbaru Rawan Endemi Rabies

Rabu, 21 Maret 2012 – 15:22 WIB
Pekanbaru Rawan Endemi Rabies - JPNN.COM
PEKANBARU-- Tingginya jumlah binatang peliharaan yang bisa menularkan penyakit rabies, seperti Kera, Anjing dan Kucing membuat Kota Pekanbaru disebut sebagai Kota Endemi Rabies. Berdasarkan data pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, jumlah binatang penular rabies di Pekanbaru mencapai 15 ribu ekor lebih.

Pada tahun 2011 lalu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Ir H Sentot Djoko Prayitno kepada Riau Pos (Group JPNN) mengatakan, terdapat 86 kasus gigitan hewan penular rabies. 31 kasus diantaranya dinyatakan positif dan dua orang dinyatakan meninggal dunia.

Menurutnya, dalam hal penanggulangan untuk hewan penular rabies itu memang menjadi tugas dan tanggung jawab dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru. Akan tetapi masyarakat juga harus selalu disiplin dalam memeriksakan hewan peliharannya.

"Kasus yang terjadi sebelumnya, yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia di kawasan Rumbai, itu dikarenakan pemiliknya tidak disiplin. Warga disekitar sudah mengingatkan kepada pemilik untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaannya. Akan tetapi yang bersangkutan tidak melakukannya, dan pada akhirnya hewan anjing yang menjadi peliharaannya menggigit hingga yang bersangkutan meninggal dunia," katanya.

PEKANBARU-- Tingginya jumlah binatang peliharaan yang bisa menularkan penyakit rabies, seperti Kera, Anjing dan Kucing membuat Kota Pekanbaru disebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close