Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelabelan Organisasi Teroris untuk KKB Papua Dinilai Tidak Menyelesaikan Persoalan

Jumat, 30 April 2021 – 14:17 WIB
Pelabelan Organisasi Teroris untuk KKB Papua Dinilai Tidak Menyelesaikan Persoalan - JPNN.COM
Ilustrasi, anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Foto: ANTARA/HO-Humas Nemangkawi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Yan Permenas Mandenas menilai tidak tepat pelabelan teroris terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Sebab, kata dia, pelabelan bukan solusi menyelesaikan persoalan di bumi Cenderawasih itu.

"Saya pikir penetapan KKB sebagai kelompok teroris itu bukan solusi dan tidak menyelesaikan persoalan," kata Yan saat dihubungi, Jumat (30/4).

Menurut dia, pelabelan itu hanya menunjukkan sisi kemarahan pemerintah yang tidak mau menganalisis persoalan di Papua secara mendalam.

"Kalau menurut saya ini emosional. Kalau dengan analisis yang baik, berbagai macam aspek, harus dipertimbangkan. Jadi, tidak tergesa-gesa diputuskan," ungkap pria Nabire, Papua itu.

Yan mengatakan persoalan di provinsi paling timur Indonesia itu harus diselesaikan dengan jangka panjang.

Jangka panjanganya, kata Legislator fraksi Gerindra itu, berarti Indonesia merencanakan apa yang perlu dilakukan untuk menghentikan aksi-aksi kekerasan di Papua.

"Tentunya langkah jangka panjang dibangun oleh pendekatan teritorial, komunikasi, penggalangan, kemudian mendorong arahnya kepada rekonsiliasi dan dialog," tutur Yan.

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Yan Permenas Mandenas menilai tidak tepat pemberian label organisasi teroris untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close