Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelindo II Tingkatkan Pelayanan dan Cegah Suap Lewat Digitalisasi

Selasa, 29 Juni 2021 – 11:08 WIB
Pelindo II Tingkatkan Pelayanan dan Cegah Suap Lewat Digitalisasi - JPNN.COM
IPC/Pelindo II. Foto: dok for Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) hingga kini terus memanfaatkan teknologi digital dalam layanan kepelabuhan.

"IPC terus mengoptimalkan layanan terminal peti kemas melalui pemanfaatan teknologi dan digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi jasa kepelabuhan dan mencegah praktik suap-menyuap," ucap Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono.

Arif menyebut ada sejumlah program optimalisasi pelayanan operasional kepelabuhan melalui digitalisasi. Pertama, yakni Single Truck Identity.

Single Truck ID merupakan sistem berbasis elektronik yang terintegrasi dengan Trucking Company, Asosiasi Trucking dan Cabang Pelabuhan dalam melakukan pendaftaran Truck ID, yang berisi data identitas kendaraan seperti nomor polisi dan data perusahaan pemilik truk/perusahaan angkutannya.

Dengan implementasi Single TID ini, identitas truck yang masuk ke semua terminal yang ada di lingkungan IPC akan berada dalam satu database.

"Sehingga akan memudahkan dalam identifikasi, penataan dan monitoring truck ke depan," terang Arif.

Kedua, penerapan centralized traffic management system.

"Ini adalah sistem pengendalian lalu lintas yang mengawasi dan mengatur aktivitas keluar dan masuknya truk trailer di wilayah Pelabuhan," tutur Arif.

IPC terus mengoptimalkan layanan terminal peti kemas melalui pemanfaatan teknologi dan digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi jasa kepelabuhan dan mencegah praktik suap-menyuap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close