Pelindo III Bangun Pelabuhan Multipurpose di Labuan Bajo

Senin, 20 Januari 2020 – 19:20 WIB
Pelindo III Bangun Pelabuhan Multipurpose di Labuan Bajo - JPNN.COM
Presiden Jokowi didampingi Direktur Utama Pelindo III Doso Agung saat meninjau Pelabuhan Labuan Bajo. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, LABUAN BAJO - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III dengan kementerian perhubungan berencana akan membangun pelabuhan multipurpose pertama di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan ekonomi dan kawasan wisata super prioritas di Indonesia timur.

Dalam hal ini Pelindo III ditunjuk langsung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membangun serta mengelola pelabuhan tersebut.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi mengatakan agar pembangunan pelabuhan ini bisa berdampak langsung kepada masyarakat di Labuan Bajo, baik dari sisi perbaikan infrastruktur hingga peningkatan ekonomi masyarakatnya.

Karena itu, Jokowi meminta agar pembangunan pelabuhan multipurpose ini bisa segera dilakukan dan paling lambat akhir tahun ini sudah mulai bisa beroperasi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan pembangunan pelabuhan ini memang dirancang untuk meningkatkan ekonomi di Labuan Bajo.

Lokasi dipisahkan antara pelabuhan eksisting, pelabuhan penumpang dan cruise (pariwisata), dengan pelabuhan multipurpose yang akan dibangun ini.

“Ke depan, pelabuhan lama akan kami khususkan untuk penumpang dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo, sementara pelabuhan ini nanti akan khusus untuk logistik saja. Tempat ini juga ideal, dari bandara hanya 20 menit,” papar Budi.

loading...