Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelni Implementasikan Pembayaran Tiket Secara NonTunai

Kamis, 20 Desember 2018 – 14:46 WIB
Pelni Implementasikan Pembayaran Tiket Secara NonTunai - JPNN.COM
PT Pelni. Foto dok Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) terus memperbaiki sistem tiketing. Adapun digitalisasi sistem tiketing meliputi pemesanan, penegcekan dengan departure control system (DCS) hingga sistem pembayaran.

Dengan menggunakan sistem digitalisasi, akan menjadi mudah, cepat, akurat dan transparan.

"Sitem transaksi atau pembayaran tiket yang semula tunai bertahap diubah dengan sistem perbankan melalui pembayaran nontunai dengan kartu debit, kartu kredit untuk transaksi dengan mesin electronic data capture (EDC) yang bisa transaksi dengan semua bank di seluruh loket Pelni," ujar Kepala Kesekretariatan PT Pelni Ridwan Mandaliko.

Ridwan mengatakan, pada angkutan Nataru tahun ini sudah diimplementasikan penggunaan EDC di loket Cabang Tanjung Priok dan loket penjualan tiket Kantor Pusat di Jalan Gajah Mada 14 Jakarta.

“Kami menguji coba di Jakarta di Cabang Tanjung Priok dan Kantor pusat. Alhamdulillah lancar,” kata Ridwan.

Sitem pembayaran nontunai, nantinya akan diterapkan menyeluruh di seluruh loket di kantor cabang Pelni. Para kepala cabang dan petugas loket kata Ridwan juga sudah ditraining cara penggunaan kartu debit dengan EDC, sehingga implementasinya berjalan lancar.

“Kami akan menerapkan EDC tidak hanya di Jakarta. Semarang, Surabaya, Batam Belawan dan cabang lain akan menyusul,” tutur dia.

Angkutan Nataru yang berlangsung selama 22 hari (18/12) hingga (8/1), nantinya Pelni bakal mengoperasikan 26 kapal trayek nusantara dan 46 kapal perintis.

Dengan pemesanan dan pembayaran menggunakan sistem digitalisasi, akan menjadi mudah, cepat, akurat dan transparan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close