Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peluncuran RIPPP & SIPPP Jadi Momentum Penting dalam Pembangunan Papua

Jumat, 07 Juni 2024 – 17:12 WIB
Peluncuran RIPPP & SIPPP Jadi Momentum Penting dalam Pembangunan Papua - JPNN.COM
Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan RIPPP dan SIPPP adalah platform terpadu percepatan pembangunan Papua. Foto: dok Bappenas

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan RIPPP dan SIPPP adalah platform terpadu percepatan pembangunan Papua.

Menurut Wapres, RIPPP 2022-2041 dan SIPPP menjadi kompas pembangunan jangka panjang wilayah Papua.

Hal itu diungkapkan Ma'ruf Amin saat peluncuran Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) Tahun 2022–2041 dan Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua (SIPPP). 

“Ini adalah momentum penting yang dapat menjadi bagian dalam sejarah perjalanan pembangunan Papua dan juga menjadi penentu bagi kemajuan Papua di masa yang akan datang. Pembangunan Papua telah menjadi prioritas utama, sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang bersifat Indonesia sentris guna mengurangi ketimpangan antarwilayah,” ungkap Wapres Ma'ruf dalam peluncuran RIPPP dan SIPPP di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (7/6).

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas bersama Sekretariat Wakil Presiden RI, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. Peluncuran ini juga didukung oleh Program SKALA, program Keemitraan Australia-Indoneesia untuk akselerasi layanan dasar.

Maruf Amin menambahkan kebijakan dan strategi pembangunan Papua terus didorong demi menguatkan peran pemerintah daerah otonom baru dalam meningkatkan kesejahteraan orang asli Papua (OAP), salah satunya melalui penguatan regulasi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah telah menyusun RIPPP Tahun 2022-2041.

Hal ini penting sebagai payung hukum dan pedoman dalam proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi dan pengendalian percepatan pembangunan di Papua,

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan RIPPP dan SIPPP adalah platform terpadu percepatan pembangunan Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close