Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peluncuran VID 2045, Menkominfo Ingin Teknologi Digital Dinikmati Generasi Masa Depan

Rabu, 13 Desember 2023 – 16:43 WIB
Peluncuran VID 2045, Menkominfo Ingin Teknologi Digital Dinikmati Generasi Masa Depan - JPNN.COM
Ki-Ka: Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan Visi Indonesia Digital 2045 dengan tujuan agar Indonesia mampu memanfaatkan potensi yang belum dieksplorasi dan menguasainya melalui pemanfaatan teknologi digital yang terarah dan terkendali. 

Acara peluncurannya dilangsungkan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (13/12) itu dihadiri Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

“Kami ingin memastikan pemanfaatan teknologi digital ke depan harus bisa memberikan kesejahteraan dan kualitas hidup terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia, dan dapat dinikmati hingga ke generasi bangsa berikutnya,” ujar Budi Arie Setiadi.

Sebagai inisiator penyusunan Visi Indonesia Digital 2045 (VID 2045), Kominfo bersinergi dengan lebih dari 50 institusi, mulai dari kementerian/lembaga, asosiasi, akademisi, dan hingga privat dalam menyelaraskan langkah perencanaan pembangunan digital pada 20 tahun mendatang. 

Dalam prosesnya, Kominfo menyerap pandangan dan aspirasi dari berbagai sektor masyarakat agar tercermin dalam visi digital yang disusun.

Proses penyempurnaan susunan dan finalisasi VID 2045 dilakukan dalam bentuk kegiatan penajaman konsep bersama seluruh unit kerja Kominfo, serta K/L terkait, seperti Kemenkoperekonomian, Bappenas, KemenPAN-RB, Kemendag, Kemenpar, Kemenkes, Kemendikbudristek, dan BRIN. 

Selain itu juga perwakilan industri, seperti operator seluler dan penyedia teknologi.

Juga pelaku ekosistem digital dan asosiasi, seperti Mastel, APJII, ASIOTI hingga akademisi.

Dalam peluncuran VID 2045, Menkominfo Budi Arie Setiadi ingin teknologi digital dinikmati generasi masa depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close