Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemandian Air Panas Diserbu Warga

Senin, 12 Agustus 2013 – 09:20 WIB
Pemandian Air Panas Diserbu Warga - JPNN.COM

jpnn.com - PANGALENGAN – Usai Lebaran, sejumlah lokasi objek wisata di kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung dipadati warga yang memanfaatkan libur Lebaran.  

Ribuan orang, sejak hari H Lebaran sampai H+3 masih memadati objek wisata, seperti pemandian air panas Cibolang, Camellia, Perkebunan Teh Malabar, rumah Boscha, Perkebunan Cukul, Helipad Magma serta Situ Cileunca.

Menurut Kepala Desa Pangalengan, Tati Julian, kepadatan di sejumlah objek wisata tersebut dimulai sejak hari H Lebaran. Kebanyakan para wisatawan menggunakan sepeda motor dan kendaraan bak terbuka. "Diperkirakan, sekitar 30 ribu wisatawan datang ke wilayah Pangalengan dalam tiga hari," ujar Tati kepada wartawan kemarin (11/8).

Tati memperkirakan, kunjungan wisatawan akan terus meningkat seiring libur Lebaran yang masih panjang. Objek wisata yang menjadi favorit, seperti pemandian Cibolang dan Perkebunan Malabar yang didalamnya terdapat rumah Boscha. "Diperkirakan, jumlah kunjungan wisatawan akan mencapai lebih 50 ribu dalam lima hari," tambahnya.

Namun sayang, peningkatan jumlah wisatawan ke wilayah Pangalengan, khususnya ke perkebunan Malabar tidak dibarengi perbaikan jalan. Mulai dari pertigaan alun-alun Pangalengan sampai pertigaan perkebunan Malabar (pintu), kondisi jalan rusak berat. Banyak lubang yang lebar dengan kedalaman mulai dari 10-30 cm.

Menurut sebagian warga, jeleknya jalur ke Malabar ini karena sedikitnya suara warga pada bupati terpilih, Dadang Naser, beberapa waktu lalu. Padahal, kata salah seorang warga Citere, Andi (34), wilayah ini memberikan pendapatan asli daerah (PAD) cukup besar ke Pemkab Bandung.

"Pemkab Bandung memang tidak memberikan perhatian terhadap jalan di wilayah Pangalengan (bagian utara) menuju perkebunan Malabar. Padahal, jalan tersebut adalah kebijakan Pemkab Bandung," ujar Andi.

Jeleknya kondisi jalan menuju perkebunan Malabar ini pun dikeluhkan oleh wisatawan asal Jakarta, Eko (50). Eko yang datang bersama keluarga untuk menikmati keindahan Perkebunan Malabar, terpaksa menerima ketidaknyamanan di sepanjang jalan, dari alun-alun Pangalengan hingga perkebunan.

PANGALENGAN – Usai Lebaran, sejumlah lokasi objek wisata di kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung dipadati warga yang memanfaatkan libur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close