Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pembalakan Hutan Marak, Solok Longsor Lagi

Kamis, 10 September 2009 – 12:16 WIB
Pembalakan Hutan Marak, Solok Longsor Lagi - JPNN.COM
AROSUKA- Pembalakan hutan tak juga berhenti. Akibatnya, sejumlah hutan di kabupaten Solok tak bisa lagi menampung air jika hujan deras tiba. Hal ini berakibat mudahnya terjadi tanah longsor di daerah tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun JPNN menyebutkan longsor tanah dan kerikil terjadi di kawasan pebukitan di sekitar Kecamatan Tigolurah dan Payungsakaki.

Di kawasan itu memang tidak ada pemukiman. Hanya hutan perawan yang terdapat. Kemiringan pebukitan sekitar kawasan tersebut mencapai 45-an derajat hingga 60-an derajat. Parahnya, di sekitar daerah itu terdapat bekas potongan kayu yang ditebang secara massal. Bahkan puing-puing kayu itu dibiarkan berserakan di pinggir bukit. Bahkan ada beberapa kayu berada di pinggir jalan.

Camat Tigolurah, Irwan Efendi kepada JPNN mengakui bahwa di sekitar bukit yang berada sepanjang Nagari Sirukam hingga Simanau, banyak terdapat penebangan kayu. "Penebangan itu dilakukan secara ilegal.  Hal tersebut mungkin pemicu terjadinya longsor. Di tempat itu adalah salah pembalakan liar," aku Irwan.

Mengantisipasi arus transportasi masyarakat, pihak Kecamatan Tigolurah mengarahkan arus transportasi masyarakat ke arah timur. Tepatnya ke Jorong Rimbodata, Nagari Sungainanam, Kecamatan Lembangjaya. Jalan tersebut jaraknya dari Tigolurah sekitar 20 kilometeran.

AROSUKA- Pembalakan hutan tak juga berhenti. Akibatnya, sejumlah hutan di kabupaten Solok tak bisa lagi menampung air jika hujan deras tiba. Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close