Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pembatasan Pesan WhatsApp Tak Efektif Atasi Hoaks

Senin, 28 Januari 2019 – 13:33 WIB
Pembatasan Pesan WhatsApp Tak Efektif Atasi Hoaks - JPNN.COM
Video hoaks. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menilai pembatasan jumlah forward pada aplikasi WhatsApp tidak efektif mengatasi penyebaran berita bohong alias hoaks.

BACA JUGA : Ada 140 Ribu Akun Sebar Hoaks Serang Jokowi - Ma'ruf

 

Juru bicara PSI bidang Teknologi Informasi Sigit Widodo pembatasan pesan forward hingga ke lima penerima tidak akan menyurutkan langkah kelompok-kelompok yang berniat menyebarkan hoaks.

“Ini sekadar pengurangan dari yang sebelumnya bisa mem-forward pesan ke 20 penerima, menjadi hanya lima penerima. Kan mudah saja diganti dengan melakukan forward ke lima pengguna sebanyak empat kali,” ujar Sigit dalam keterangan yang diterima, Senin (28/1).

BACA JUGA : Tersangka Penyebar Hoaks Ijazah Jokowi Tidak Ditahan

Selain mudah diakali, pengurangan ini hanya berlaku untuk aplikasi berbasis Android yang melakukan update setelah 22 Januari 2019.

Artinya, pengguna Android versi 2.19.15 ke bawah masih menggunakan versi sebelumnya dan memilih untuk tidak melakukan update ke versi terbaru.

PSI mengingatkan pemerintah menekankan penegakan hukum pada penanganan kasus hoaks ketimbang memperketat pembatasan penyebaran informasi di WhatsApp.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close