Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemberontak Tembak Mati 15 Polisi India

Rabu, 12 Maret 2014 – 04:05 WIB
Pemberontak Tembak Mati 15 Polisi India - JPNN.COM

jpnn.com - NEW DELHI - Setidaknya 15 anggota kepolisian India dilaporkan tewas dalam sebuah serangan yang dilancarkan pemberontak Maoist, di Negara bagian Chhattisgarh, Selasa (11/3) pagi waktu setempat. Selain anggota polisi seorang warga sipil juga tewas dalam serangan terhadap  petugas keamanan yang tengah mengawal para pekerja pembuatan jalan.

Laman Guardian melansir peristiwa ini terjadi sekitar pukul 10.00 pagi. Saat itu sekitar 200 personil pemberontak melepaskan tembakan kearah polisi dan pekerja yang tengah mempersiapkan pembangunan jalan raya di distrik Sukma. Lokasi ini merupakan kawasan hutan lebat yang sangat menguntungkan bagi para menyerang untuk melakukan penyergapan.

''Serangan ini memicu baku tembak sekitar tiga jam,'' ujar Rajinder Kumar Vij, kepala satuan operasi pemberantasan pemberontak Maoist.

Sementara itu Mukesh Gupta salah seorang petinggi kepolisian setempat kepada BBC menyebut selain korban tewas 25 personil polisi lainnya mengalami luka-luka. Sedangkan dari para penyerang belum diketahui jumlah pasti korban yang jatuh.

Kelompok pemberontak ini sendiri telah berdiri di Bengala Barat, India tahun 1960 silam. Pemicunya antara lain tingginya kesenjangan sosial antara si kaya dan miskin di Negara Anak benua tersebut. Kini jumlah anggota kelompok ini diperkirakan telah tersebar di lebih dari sepertiga dari 600 distrik di India.

Meski pemerintah India terus melakukan pemberantasan terhadap gerakan ini namun perlawanan kelompok komunis tersebut belum bias hilang seluruhnya. Bulan Mei tahun lalu kelompok ini menyerang iring-iringan yang membawa pimpinan kongres dan anggota partai pekerja di wilayah ini. Hasilnya 27 warga dinyatakan tewas dalam serangan tersebut. Termasuk diantaranya seorang politisi setempat.(zul/jpnn)

NEW DELHI - Setidaknya 15 anggota kepolisian India dilaporkan tewas dalam sebuah serangan yang dilancarkan pemberontak Maoist, di Negara bagian Chhattisgarh,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA