Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pendaftaran PPPK Guru 2024, Pemda Buka Formasi di Luar P1, Peserta Prioritas Dirugikan

Sabtu, 05 Oktober 2024 – 11:30 WIB
Pendaftaran PPPK Guru 2024, Pemda Buka Formasi di Luar P1, Peserta Prioritas Dirugikan - JPNN.COM
Guru P1 Lamsel tidak semuanya bisa diangkat PPPK penuh waktu tahun ini. Foto dok. GLPGPPPK for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pendaftaran PPPK guru 2024 di daerah masih bermasalah untuk pelamar prioritas satu (P1).  Banyak P1 yang harus gigit jari karena formasinya tidak tersedia. 

Ketua Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Fulkan Gaviri mengungkapkan di daerahnya hanya membuka 130 formasi guru. Padahal, jumlah guru P1 sebanyak 600.

P1 makin terjepit karena melihat komposisi formasi PPPK guru 2024 hanya 17 mata pelajaran (mapel). Ironinya mapel P1 malah beberapa tidak dibuka. 

"Guru P1 di Lampung Selatan hanya ada di mapel guru kelas, pendidikan agama Islam (PAI), pendidikan jasmani (penjas), matematika, dan bimbingan khusus (BK)," terang Fulkan kepada JPNN, Sabtu (5/10). 

Fulkan menyayangkan kebijakan pemda yang tidak berpihak kepada P1 sebagai pelamar prioritas guru. Sebab, membuka lagi formasi mapel di luar mapel P1. 

Dia mencontohkan P1 guru kelas yang ijazahnya IPA terkunci di pilihan guru mapel IPA saja. Tidak muncul pilihan mapel guru kelas.

Begitu juga dengan mapel IPS dan beberapa mapel lainnya yang notebenenya formasinya sedikit. 

"Kalau formasinya guru kelas, P1 lebih berpeluang dikarenakan secara pe-rangking-an nilainya termasuk nominasi untuk mendapatkan formasi tersebut," jelasnya. 

Pendaftaran PPPK guru 2024, pemda buka formasi di luar P1, peserta prioritas merasa dirugikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA