Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pembongkar Borok Nixon Tutup Usia

Sabtu, 20 Desember 2008 – 09:31 WIB
Pembongkar Borok Nixon Tutup Usia - JPNN.COM
Foto : REUTERS/Lou Dematteis
SAN FRANCISCO - Dia dikabarkan menderita komplikasi jantung dan AlzheimerMark Felt menggunakan nama samaran ''Deep Throat'' ketika membimbing dua jurnalis The Wahington Post, Bob Woodward dan Carl Bernstein untuk membongkar skandal jaringan spionase politik, sabotase, dan penyuapan oleh Presiden AS Richard Nixon pada 1972. Dia baru membuka identitasnya setelah beberapa tahun skandal itu berlalu. Deep Throat dicuplik dari sebuah film porno yang populer ketika itu.

''Sayalah yang disebut Deep Throat,'' kata Felt kepada John D. O'Connor yang kemudian menulisnya di Majalah Vanity Fair tahun 2005 seperti dirilis Associated Press kemarin.

Skandal Watergate terjadi pada 17 Juni 1972, ketika lima anggota tim pemenangan pemilu Nixon ditangkap atas tuduhan memasang penyadap suara di markas Partai Demokrat di kompleks Watergate, Washington. Namun demikian, pemerintahan Nixon yang dari Partai Republik menyangkal keterlibatan mereka dalam kasus ini.

Mengikuti investigasi duo jurnalis berpengalaman, Bob Woodward dan Carl Bernstein yang dipandu Felt, Senat AS kemudian mengadakan penyelidikan lanjutan. Akhirnya terbukti bahwa penyadapan itu dilakukan dengan sepengetahuan Gedung Putih. Profesor Archibald Cox yang menjadi penuntut khusus dalam perkara ini bahkan juga menemukan bukti bahwa tim pemenangan pemilu Nixon telah melakukan penyadapan terhadap banyak orang dan mereka juga memberikan sumbangan kepada Partai Republik dengan imbalan konsesi politik.

SAN FRANCISCO - Informan skandal Watergate, W. Mark Felt, tutup usia pada Kamis waktu setempat (kemarin WIB) di usia 95. Menurut putrinya, Joan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close