Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Gagal Mendeteksi Dini Wabah PMK pada Hewan Ternak

Rabu, 11 Mei 2022 – 09:23 WIB
Pemerintah Gagal Mendeteksi Dini Wabah PMK pada Hewan Ternak - JPNN.COM
Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan. Foto: Fraksi PKS DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan menilai pemerintah gagal mendeteksi dini wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di sejumlah daerah.

Johan menyesalkan kembali mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia dengan ditemukannya penyakit tersebut pada 1.649 sapi ternak di Jawa Timur dan juga ditemukan di Aceh.

“Ini menunjukkan pemerintah gagal mengantisipasi masuknya penyakit ini. Padahal PMK merupakan penyakit hewan menular yang paling ditakuti di dunia karena menimbulkan kerugian sangat besar baik ekonomi maupun sosial,” ujar Johan Rosihan dalam siarn pers pada Rabu (11/5).

Politikus PKS ini mendesak pemerintah untuk segera bertindak cepat dan tepat melakukan antisipasi meluasnya penyakit ini demi keamanan pangan nasional, apalagi sebentar lagi akan memasuki momen Iduladha.

“Saya berharap pemerintah harus bertanggung jawab dengan adanya kebijakan impor daging sapi dan kerbau yang berasal dari negara-negara yang tidak bebas PMK. Hal ini berakibat fatal bobolnya pertahanan PMK,” ungkap Johan.

Lebih lanjut, Johan mendorong pemerintah melakukan isolasi pada daerah kabupaten/kota yang diidentifikasi sebagai sentra peternakan yang muncul suspect PMK.

Dia juga meminta pemerintah melakukan pengawasan terhadap daerah yang berisiko tinggi seperti daerah yang berbatasan dengan negara yang belum bebas PMK.

“Termasuk daerah pasokan penerima ternak dari berbagai pelabuhan di berbagai wilayah,” ujar Johan.

Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan menilai pemerintah gagal mendeteksi dini wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di sejumlah daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close