Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Jepang Pantau Abrasi Pantai Kuta

Senin, 19 September 2016 – 08:21 WIB
Pemerintah Jepang Pantau Abrasi Pantai Kuta - JPNN.COM
Pantai Kuta di Kabupaten Badung, Bali. Foto: Radar Bali/JPG

jpnn.com - BADUNG - Abrasi yang terjadi di Pantai Kuta, Badung, Bali ternyata mengundang perhatian dari pemerintah Jepang. Pemerintah Negeri Matahari Terbit itu bahkan mengirim utusan untuk mencermati abrasi di pantai yang kondang hingga seantero Nusantara itu.

Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakkanlut) Kabupateng Badung, Made Badra mengatakan, utusan pemerintah Jepang sudah melihat langsung kondisi abrasi di sejumlah titik di Badung. Tujuannya untuk penataan pantai-pantai di Kabupaten Badung yang terkena abrasi.

“Sekarang ini (rencana penataan abrasi, Red) masih on-progress. Dengan hadirnya perwakilan pemerintah Jepang, bisa segera terealisasi,” papar Badra.

Namun, untuk realisasi belum jelas. Badra menjelaskan, utusan Jepang dan perwakilan pemerintah Indonesia akan segera melakukan kajian.

Tim dari Indonesia diwakili Balai Wilayah Sungai Penida. Proses kajian diperkirakan berlangsung sekitar setahun.

Tim akan mengkaji teknis pengerjaan abrasi secara detail. Menurut Badra, lamanya  studi karena harus memerhatikan banyak hal.


Selain memerhatikan lingkup pengerjaan, tim juga mengkaji dampak sosial. “Lingkup pengerjaan juga bertambah. Sebab jumlah abrasi juga bertambah. Karena itu, kajian cukup lama,” tutur pejabat asli Kuta itu.

Karenanya, kemungkinan pelaksanaan program penataan untuk mengantisipasi abrasi baru bisa dilakukan pada 2018. Sementara selama tahun 2017 akan digunakan oleh tim untuk melakukan studi.

BADUNG - Abrasi yang terjadi di Pantai Kuta, Badung, Bali ternyata mengundang perhatian dari pemerintah Jepang. Pemerintah Negeri Matahari Terbit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close