Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Klaim Harga Sembako Turun

Kenaikan TDL Tak Punya Pengaruh Signifikan

Jumat, 23 Juli 2010 – 18:19 WIB
Pemerintah Klaim Harga Sembako Turun - JPNN.COM
JAKARTA — Meski kenaikan harga sembilan barang pokok (sembako) di berbagai daerah masih menghiasi berbagai pemberitaan, namun Menteri Koordinator bidang perekonomian Hatta Radjasa mengklaim bahwa berdasarkan inventarisasi yang dilakukan pemerintah, harga-harga sembako di pasar-pasar tradisional secara keseluruhan justru sudah mulai menunjukkan penurunan. Kalaupun terjadi lonjakan harga, Hatta melihatnya karena faktor psikologis di masyarakat.

"Harga-harga sudah mulai turun menuju stabilitas. Apalagi musim panen sebentar lagi. Yang perlu diawasi adalah perubahan iklim. Kami minta agar ada sosialisasi dari Pemda kepada petani tentang perubahan iklim ini, sehingga mungkin ada perubahan pola tanam," kata Hatta di Jakarta, Jumat (23/7).

Menteri yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu pun memastikan bahwa semua ketersediaan sembako di tingkat masyarakat akan tetap stabil dan terkendali hingga awal tahun 2011. Namun demikian Hatta mengakui bahwa untuk cabe merah memang masih tinggi karena ada masalah di tingkat petani.

"Soal pangan, kita sangat cukup bahkan surplus hingga awal tahun, kecuali cabe merah. Untuk antisipasi, pada daerah tertentu sudah ada perintah Operasi Pasar. Terutama mewaspadai menjelang puasa, anak-anak (mulai mask) sekolah dan lebaran. Bahkan kalau Gubernur merasa perlu Raskin disalurkan segera, Bulog juga sudah siap. Stabilisasi terus kita lakukan dan hasilnya nyata untuk stabilisasi harga," kata Hatta.

JAKARTA — Meski kenaikan harga sembilan barang pokok (sembako) di berbagai daerah masih menghiasi berbagai pemberitaan, namun Menteri Koordinator

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close