Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Malaysia Bagi-Bagi Duit Jelang Pemilu, Mirip BLT

Selasa, 27 Februari 2018 – 10:52 WIB
Pemerintah Malaysia Bagi-Bagi Duit Jelang Pemilu, Mirip BLT - JPNN.COM
Warga miskin mendaftar untuk ikut program bantuan tunai BR1M. Foto: trengganutimes.com

jpnn.com, PEKAN - Jelang pemilu, pemerintah Malaysia memberikan bantuan tunai kepada individu dan keluarga dengan pendapatan rendah. Mirip bantuan langsung tunai (BLT) di Indonesia.

Program bertajuk Bantuan Rakyat 1Malaysia (BR1M) itu menelan anggaran 6,3 juta ringgit (setara dengan Rp 22 miliar) dan akan diberikan secara bertahap.

Minggu (25/2) tahap pertama BR1M 2018 diberikan kepada sekitar 7 juta orang di berbagai wilayah Malaysia. Perdana Menteri (PM) Najib Razak membagikan bantuan di Kota Pekan, Negara Bagian Pahang.

”Paket bantuan yang langsung diberikan kepada sasarannya ini jauh lebih baik ketimbang paket bantuan lain yang rawan kebocoran,” kata pemimpin 64 tahun tersebut seperti dikutip Straits Times.

Di hadapan para penerima bantuan finansial langsung itu, Najib menegaskan bahwa program yang sudah berlangsung tiga kali tersebut digagas Bank Negara Malaysia.

Menurut dia, bantuan berupa uang tunai itu lebih tepat sasaran. Sebab, bantuan berupa barang pun, oleh sebagian besar penerimanya, bakal dijual kembali untuk mendapatkan uang.

”Bantuan ini lebih tepat sasaran. Tidak seperti subsidi bahan bakar yang justru akan membuat mereka yang kaya raya dan punya kendaraan dengan kapasitas mesin besar mendapatkan bantuan lebih banyak,” papar Najib.

Dia menegaskan bahwa bantuan tersebut murni program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Data penerima bantuan itu pun disusun pemerintah berdasar seleksi dan masukan publik.

Jelang pemilu, pemerintah Malaysia memberikan bantuan tunai kepada individu dan keluarga dengan pendapatan rendah. Mirip BLT di Indonesia

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close