Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Masih Yakin Belum Ada yang Terinfeksi Virus Corona di Indonesia

Jumat, 07 Februari 2020 – 10:57 WIB
Pemerintah Masih Yakin Belum Ada yang Terinfeksi Virus Corona di Indonesia - JPNN.COM
238 warga Indonesia yang dipulangkan dari kota Wuhan saat mendarat di Batam, sebelum dibawa ke Pulau Natuna. (Kementerian Luar Negeri RI)

Hingga saat ini Indonesia belum melaporkan adanya kasus virus corona, sementara menurut data hingga Jumat siang (7/02) sudah ada 28 kasus yang ditemukan di Singapura dan 12 kasus di Malaysia.

Pihak otoritas kesehatan kini menghadapi pertanyaan dari sejumlah kalangan mengapa mereka begitu yakin virus yang berpotensi mematikan ini tidak ditemukan di Indonesia.

"Hingga kini kita masih yakin tidak ada yang terinfeksi virus corona," ujar Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Kementerian Kesehatan.

Ia mengatakan Kemenkes dan pihak kesehatan terkait lainnya sudah menggelar pertemuan hampir setiap hari, termasuk melakukan tes virus corona, dan hingga saat ini tidak ada yang dinyatakan positif.

Tapi hal ini kemudian memicu keraguan soal kapasitas Indonesia dalam melakukan tes dan pengecekan virus, bahkan tuduhan tenaga kesehatan di Indonesia tiak mengikuti protokol yang tepat.

Kemenkes langsung membantahnya dengan mengatakan semua yang dilakukan sudah mengikuti prosedur, seperti yang diungkapkan Wiendra Waworuntu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dari Kemenkes.

Pemerintah Masih Yakin Belum Ada yang Terinfeksi Virus Corona di Indonesia Photo: Sebelum pembatasan penerbangan dari dan ke China, petugas keamanan bandara di Soekarno Hatta telah melakukan penjagaan. (Kompas.com, Garry Lotulung)

 

Wiendra juga menolak jika Indonesia dituduh tiak memiliki kemampuan untuk mendeteksi gejala awal jika ada yang terjangkit virus corona.

Hingga saat ini Indonesia belum melaporkan adanya kasus virus corona, sementara menurut data hingga Jumat siang (7/02) sudah ada 28 kasus yang ditemukan di Singapura dan 12 kasus di Malaysia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close