Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Nyaman Kurs Rp 12 Ribu

Sabtu, 29 November 2008 – 12:05 WIB
Pemerintah Nyaman Kurs Rp 12 Ribu - JPNN.COM
JAKARTA - Pemerintah menilai, pelemahan kurs rupiah ke level Rp 12 ribu per USD masih aman. Untuk itu, pemerintah berencana menjaga kurs di level tersebut karena menguntungkan eksporter. ''Kita tidak punya target (kurs) seperti dulu (Rp 9.300 per USD). Sebab, semua kondisi sudah banyak berubah. Tapi, dengan Rp 12 ribu, ekspor kita lumayan,'' kata Wapres Jusuf Kalla dalam keterangan pers di Kantor Wakil Presiden, Jumat (28/11).

Wapres mengakui, pemerintah berupaya menolong eksporter yang terimbas penurunan daya beli di pasar-pasar ekspor tradisional. Permintaan di dalam negeri juga menurun karena pelemahan daya beli dan penurunan harga. ''Inilah yang harus kita perbaiki,'' ujar dia.

Meski demikian, pemerintah berupaya agar perlemahan tetap terkendali sehingga kurs tidak melemah lebih jauh. Upaya itu dilakukan dengan mencegah capital flight melalui pembatasan penukaran valuta asing melebihi USD 100 ribu karena berpotensi spekulasi.

Kalla menuturkan, pelemahan nilai tukar mata uang dialami hampir semua negara, kecuali Jepang. Pelemahan rupiah dinilai masih moderat dibandingkan dengan mata uang won Korea Selatan atau dolar Australia. ''Kita berada di level menengah,'' paparnya.

JAKARTA - Pemerintah menilai, pelemahan kurs rupiah ke level Rp 12 ribu per USD masih aman. Untuk itu, pemerintah berencana menjaga kurs di level

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close