Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Selamatkan Bakrie

Rabu, 15 Oktober 2008 – 10:24 WIB
Pemerintah Selamatkan Bakrie - JPNN.COM
JAKARTA –  Kementerian Negara BUMN dikabarkan sedang serius mengkaji upaya penyelamatan Grup Bakrie yang bakal melego saham di anak-anak usahanya yang listing di lantai bursa.

Sumber koran ini menyebutkan, Selasa (14/10) malam, Menteri Negara  BUMN Sofyan Djalil mengadakan pertemuan khusus dengan direksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA), dan Grup Djarum untuk membicarakan eksekusi atas rencana tersebut. ”Nanti, setelah (saham-saham anak usaha Grup Bakrie) dibeli negara, Bakrie tetap bisa membeli kembali. Misi utamanya menyelamatkan Grup Bakrie,” ujar sumber.

Namun, Men BUMN Sofyan Djalil membantah kabar tersebut. ”Itu tidak benar, rumor saja. Saya tidak panggil siapa-siapa,” ujarnya melalui pesan singkat kepada Jawa Pos tadi malam.  Saat ini holding Grup Bakrie, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) memang melakukan aksi korporasi berupa penjualan saham anak-anak usahanya di bursa. Karena ada aksi korporasi lego saham itulah, saham mereka disuspensi di lantai bursa. Anak-anak usaha BNBR yang listing di bursa adalah PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), dan PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Suspend itu dilakukan sejak perdagangan 7 Oktober lalu. Grup Bakrie pada Minggu (12/10) dan Senin (13/10) sudah menggelar konferensi pers dan paparan publik insidentil untuk menjelaskan penjualan anak usahanya tersebut. Mereka menyebut aksinya sebagai ”rasionalisasi investasi”. Grup Bakrie terpaksa melego saham anak usahanya untuk melunasi utang USD 1,2 miliar yang akan jatuh tempo pada April tahun depan. Utang itu menggunakan jaminan aset anak-anak usaha perseroan sebesar USD 6 miliar.

JAKARTA –  Kementerian Negara BUMN dikabarkan sedang serius mengkaji upaya penyelamatan Grup Bakrie yang bakal melego saham di anak-anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA