Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Sukses Tangani Wabah Corona, Partai Demokrat Menang Besar di Pemilu

Kamis, 16 April 2020 – 18:24 WIB
Pemerintah Sukses Tangani Wabah Corona, Partai Demokrat Menang Besar di Pemilu - JPNN.COM
Seorang warga memakai sarung tangan plastik saat memasukkan surat suaranya dalam pemilu legislatif di tengah pandemi COVID-19 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (15/4/2020). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji/wsj

jpnn.com, SEOUL - Partai Demokrat Korea Selatan menuai buah manis dari keberhasilan pemerintah menangani wabah virus corona. Berdasarkan hasil penghitungan cepat, Kamis (16/4), partai pendukung Presiden Moon Jae-in itu keluar sebagai pemenang pemilu.

Sebanyak 180 kursi dari total 300 kursi di parlemen berhasil diperoleh Partai Demokrat. Pada pemilu sebelumnya, partai itu memperoleh 120 kursi.

"Sejalan dengan amanat rakyat yang diberikan kepada kami, kami akan menempatkan penanggulangan krisis nasional virus corona dan penurunan ekonomi pada prioritas utama," kata mantan perdana menteri Lee Nak-yon, yang menjadi juru kampanye Partai Demokrat.

Penilaian masyarakat terhadap Moon dan partainya sempat merosot pada Februari, ketika Korea Selatan mengalami wabah COVID-19 terparah pertama di luar Tiongkok.

Namun, kemudian pemerintahan Moon sukses dengan kampanye perlawanan terhadap wabah virus corona sehingga memberikan keuntungan bagi partai untuk mendulang suara dalam pemilu.

"Meskipun situasi masih sangat sulit seperti ini, saya rasa respons pemerintah terhadap virus corona, termasuk bagaimana mereka mempersiapkan pemilu ini memang membantu mereka dalam pemilihan," kata Han Ga-hae, seorang pemilih berusia 28 tahun.

Partai Demokrat mendapat lebih dari 80 persen kursi di Seoul. Anehnya, Partai Persatuan Masa Depan, kekuatan oposisi terbesar, justru menyapu bersih suara di wilayah Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara, episentrum wabah.

Kedua wilayah itu memang sejak lama menjadi kantong suara partai konservatif oposisi, dan pengamat menyebut bahwa sentimen pemilih terhadap pemerintah mungkin semakin dipicu oleh perjuangan mereka dalam menghadapi lonjakan kasus di daerahnya. (ant/dil/jpnn)

Keberhasilan pemerintah menangani wabah virus corona berdampak positif terhadap perolehan suara Partai Demokrat di pemilu

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close