Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Targetkan Realisasi Jaringan 5G Sebelum 2024

Jumat, 17 Januari 2020 – 22:37 WIB
Pemerintah Targetkan Realisasi Jaringan 5G Sebelum 2024 - JPNN.COM
Ilustrasi jaringan 5G. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan jaringan 5G, sudah dapat direalisasikan sebelum ibu kota dipindahkan ke Kalimantan Timur, pada 2024.

"Saya kira sudah siap karena ada uji coba. Berarti 5G sudah harus bisa diimplementasikan paling lambat (ketika) ibu kota negara (pindah)," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate di Jakarta, Jumat (17/1).

Sebelum komersialisasi, pemerintah mengharapkan jaringan 5G selayaknya sudah bisa digunakan di sektor industri manufaktur.

Operator seluler di Indonesia hingga saat ini sudah beberapa kali mengadakan uji coba jaringan 5G, baik untuk sektor industri maupun kendaraan swakemudi.

Pemerintah dalam rangka menyiapkan 5G juga sedang menggodok regulasi maupun frekuensi yang akan digunakan, baik dari low band, middle band maupun high band.

Sementara itu, dari segi teknologi, Menkominfo menyatakan saat ini belum memutuskan akan menggunakan teknologi apa, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan dari 5G, termasuk di antaranya manfaat ekonomis.

"Yang kita dorong sekarang ekosistemnya, siap atau tidak," kata Johnny.

Mengenai ibu kota baru, Johnny menyatakan 5G perlu dapat digunakan untuk mendukung pemerintahan digital maupun bisnis secara digital. (antara/jpnn)

Pemerintah menargetkan jaringan 5G, sudah dapat direalisasikan sebelum ibu kota dipindahkan ke Kalimantan Timur, pada 2024.

Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close