Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peminat Melonjak Drastis, Kuota IISMA 2022 Ditambah

Selasa, 28 Juni 2022 – 12:05 WIB
Peminat Melonjak Drastis, Kuota IISMA 2022 Ditambah - JPNN.COM
Program IISMA jalur sarjana mendapat respons positif dari mahasiswa. Foto: dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) telah selesai melaksanakan rangkaian seleksi Program IISMA jalur sarjana.

Sebanyak 1.155 mahasiswa dari 107 perguruan tinggi akademik di Indonesia lolos seleksi yang secara resmi diumumkan pada 12 Mei 2022.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, melalui program ini, mahasiswa Indonesia diberi kesempatan menempuh studi dan pengalaman belajar di 72 perguruan tinggi kelas dunia pada 26 negara kawasan Asia, Eropa, Amerika, dan Australia.

"Program IISMA jalur sarjana tahun ini mendapat sambutan luar biasa dibandingkan tahun sebelumnya," kata Menteri Nadiem, Selasa (28/6).

Data Kemendikbudristek mencatat, pendaftar program mencapai 7.501 mahasiswa dari 253 perguruan tinggi akademik pada 2022, meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya di angka 2.551 pendaftar.

Pendaftar yang membuat akun di platform pendaftaran IISMA jalur sarjana tahun ini mencapai 19.724 akun. Pada 2022, jumlah kuota beasiswa juga bertambah menjadi 1.155 kuota dari tahun sebelumnya di angka 1.000 kuota.

Program IISMA jalur sarjana tahun 2022 bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek RI.

Melalui program IISMA jalur sarjana, terang Menteri Nadiem,  mahasiswa bisa mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri maupun asal (mahasiswa).

Program IISMA jalur sarjana mendapat respons positif dari mahasiswa, sehingga Kemendikbudristek harus menambah kuota pada tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close