Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemkot Maksimalkan Rumah Pompa Kenari

Jumat, 09 November 2018 – 10:55 WIB
Pemkot Maksimalkan Rumah Pompa Kenari - JPNN.COM
Pekerja tengah mengecek mesin yang ada di Rumah Pompa Kenari. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Selain melakukan normalisasi saluran, dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) juga menambah kapasitas bak penampungan air (folder) di beberapa rumah pompa. Misalnya yang terlihat di Rumah Pompa Kenari kemarin (8/11). Semua itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir.

Sebelumnya, kapasitas pompa di tempat tersebut sudah ditambah. Dari semula hanya 1,5 meter kubik kini dinaikkan menjadi dua kali lipatnya. Karena penyedotan air akan semakin kuat, diperlukan kapasitas folder yang lebih besar pula.

Hal tersebut dilakukan berdasar hasil evaluasi. Pompa kerap menyala dalam waktu yang tidak lama, kemudian tiba-tiba mati. Kepala Bidang Pematusan DPUBMP Syamsul Hariadi mengatakan, hal itu terjadi karena air di folder telah habis. "Sudah tidak ada yang disedot lagi. Makanya, pompa mati," katanya.

Jika dibiarkan, kondisi tersebut membuat pompa cepat rusak. Karena itu, pemkot berupaya menambah kapasitas folder dengan cara memperdalamnya. Dengan begitu, air yang disedot akan lebih banyak karena penampung juga lebih besar. "Ini akan sangat berguna saat ada hujan deras. Genangan lebih cepat dialirkan ke folder itu," imbuhnya.

Lokasi rumah pompa yang tepat di samping Kalimas juga cukup menguntungkan. Sebab, tidak perlu penambahan pipa outlet untuk pembuangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close