Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemkot Tasikmalaya Galakkan Taman di Atas Gedung

Guna Redam Suhu Panas

Kamis, 23 Oktober 2008 – 09:09 WIB
Pemkot Tasikmalaya Galakkan Taman di Atas Gedung - JPNN.COM
Pemkot Tasikmalaya menggalakan pembuatan taman di atas gedung seperti taman di lantai empat Asia Plaza Kota Tasikmalaya, tepatnya di balkon depan Hotel Asri. Foto : Tina Agustina/Radar Tasikmalaya/JPNN
TASIKMALAYA - Ini upaya alternatif ramah lingkungan untuk mengurangi suhu di dalam ruang. Pemerintah Kota Tasikmalaya sedang getol menggalakkan pembuatan taman di atas gedung.

Menurut Yudi Kustadi, Kasi Pertamanan di Dinas LHPK Kota Tasikmalaya, bangunan-bangunan tinggi yang memiliki ruang terbuka itu diwajibkan untuk membuat taman. Diharapkan tanaman itu bisa menyerap udara panas. ''Contoh kecil seperti taman di lantai atas Asia Plaza. Itu cukup bagus, sehingga kondisi udara tidak begitu panas," terang Yudi.

Pembuatan taman di atas gedung ini gencar dikampanyekan lantaran jumlah ruang terbuka hijau di Kota Tasikmalaya sangat minim dan belum memenuhi target seperti yang tercantum dalam UU Tata Ruang 2007. Dalam peraturan itu disebutkan, luas ruang terbuka hijau (RTH) sedikitnya 30 persen dari luas wilayah Kota Tasikmalaya dengan komposisi 20 persen RTH Publik, dan 10 persen RTH Privat.

''Antisipasi lain yang bisa dilakukan yaitu mengurangi penggunaan AC dan lemari es yang menggunakan freon. Yang tak kalah penting adalah mengurangi pembakaran sampah,'' paparnya.

TASIKMALAYA - Ini upaya alternatif ramah lingkungan untuk mengurangi suhu di dalam ruang. Pemerintah Kota Tasikmalaya sedang getol menggalakkan pembuatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA