Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemodal Ancam Demokrasi Indonesia

Rabu, 28 April 2010 – 18:45 WIB
Pemodal Ancam Demokrasi Indonesia - JPNN.COM
JAKARTA - Proses demokrasi di Indonesia saat ini tengah menghadapi ancaman serius dari kalangan pengusaha atau pemodal yang semakin menguasai panggung partai politik di tanah air. Pendapat ini mengemuka dalam diskusi bertajuk "Membangun Demokrasi yang Sehat dalam Memerangi Politik Uang" diselenggarakan Akbar Tandjung Institute dan SAS Communication, dengan narasumber Direktur Reform Institute Yudi Latief, anggota KPU Pusat I Gusti Putu Artha dan anggota Komisi II DPR dari Partai Golkar Agun Gunanjar, Rabu (28/4) di Jakarta.

 

"Proses Penyelenggaraan politik demokrasi mulai pilkada hingga pilpres telah dikuasasi oleh kekuatan jaringan pemodal. Sedangkan para politisi hanya menjadi instrumen dari kekuatan mereka," tegas Yudi Latief.

 

Tanpa disadari, kata Yudi, demokrasi di Indonesia sebenarnya telah mati karena esensi demokrasi untuk kepentingan rakyat banyak tidak lagi berjalan dan kepentingan para pemodal itulah yang kini berjaya. Untuk mengatasinya, tambah dia, harus ada perubahan radikal sehingga esensi politik dan demokrasi bisa dikembalikan pada tujuan idealnya.

 

Terkait dengan tingginya biaya demokrasi, anggota Komisi Pemilihan (KPU) I Gusti Putu Artha menyarankan supaya Indonesia harus melakukan perubahan total dalam berdemokrasi karena telah terjadi pergeseran yang membahayakan penyelenggaraan demokrasi.

 

JAKARTA - Proses demokrasi di Indonesia saat ini tengah menghadapi ancaman serius dari kalangan pengusaha atau pemodal yang semakin menguasai panggung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA