Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemprov Kalteng Mulai Petakan Daerah Penyangga IKN, di Mana Saja?

Selasa, 15 Maret 2022 – 10:06 WIB
Pemprov Kalteng Mulai Petakan Daerah Penyangga IKN, di Mana Saja? - JPNN.COM
Pemprov Kalimantan Tengah mulai memetakan daerah-daerah strategis dan potensial sebagai penyangga IKN. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Penjabat Sekda Kalteng Nuryakin menyatakan Pemprov Kalimantan Tengah mulai memetakan daerah-daerah strategis dan potensial sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Kami mulai memetakan daerah-daerah potensial penyangga IKN melalui tim yang di antaranya meninjau melalui jalur darat," kata Nuryakin di Palangka Raya, Selasa.

Menurutnya, tidak semua kebutuhan bisa dipenuhi secara mandiri oleh IKN.

Oleh karena itu, wilayah lain berpotensi memaksimalkan perannya sebagai daerah penyangga.

"Baik sektor pertanian, perikanan dan lainnya harus mulai disiapkan, sehingga saat pemerintah memerlukan kami sudah sedia," terangnya.

Nuryakin membeberkan Kalteng memiliki sumber daya melimpah untuk kebutuhan daerah itu, termasuk yang berkaitan dengan IKN.

"Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian daerah agar terus tumbuh dan berkembang, serta kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Dia mengatakan saat ini berbagai terobosan pembangunan terus dilaksanakan dan dikembangkan, salah satunya adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Pemprov Kalimantan Tengah mulai memetakan daerah-daerah strategis dan potensial sebagai penyangga IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close