Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemuda jadi Garda Terdepan Menjaga NKRI

Minggu, 12 Desember 2021 – 22:28 WIB
Pemuda jadi Garda Terdepan Menjaga NKRI - JPNN.COM
Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) DPP KNPI di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (12/12). Foto: Humas KNPI

jpnn.com, MALANG - Pemuda punya peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI. Salah satu persoalan yang menjadi tantangan sekarang ialah bagaimana sikap mereka dalam menyikapi pluralitas di negeri ini.

Dengan latar masyarakat yang heterogen, kekhawatiran adanya disintegrasi bangsa lantaran dipicu masalah isu agama misalnya, harus dijadikan momentum bagi generasi milenial untuk mengubah paradigma berpikirnya.

Saling menguatkan, menghargai perbedaan, serta memberikan kontribusi yang konkret bagi bangsa.

Demikian merupakan intisari dari diskusi bertajuk 'Moderasi Milenial Lintas Agama' yang diselenggarakan DPP KNPI di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (12/12).

Giat ini merupakan rangkaian acara Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) DPP KNPI yang berlangsung hari ini hingga Selasa (14/12).

"Anak muda tidak boleh terlalu ego karena akan membuat pemuda ketinggalan. Pemuda tidak boleh terbelah, karena tidak akan besar. Yang dibutuhkan oleh pemuda adalah kebersamaan, kolaborasi dan meningkatkan kapasitas," kata Ketua Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto saat menjadi pembicara.

Cak Nanto -sapaannya- menjelaskan bahwa milenial harus menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI, dan isu moderasi lintas agama harus dilihat sebagai ikhtiar bersama untuk saling menjaga satu sama lain.

"Toleransi kuncinya. Tidak gampang menjustifikasi, merasa paling benar sensitif. Harus saling menghargai," jelas dia.

Pemuda punya peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI. Salah satu persoalan yang menjadi tantangan sekarang ialah bagaimana sikap mereka dalam menyikapi pluralitas di negeri ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close