Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemuda Muhammadiyah Desak Jokowi Terapkan Operasi Militer, Serius!

Minggu, 29 Maret 2020 – 19:04 WIB
Pemuda Muhammadiyah Desak Jokowi Terapkan Operasi Militer, Serius! - JPNN.COM
PP Pemuda Muhammadiyah usul Presiden Jokowi menerapkan operasi militer selain perang untuk menghadapi wabah virus corona COVID-19. Ilustrasi TNI. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah mendesak Presiden Jokowi segera mengambil kebijakan strategis menghadapi ganasnya virus corona (Covid-19), yakni dengan memberlakukan operasi militer selain perang.

Hal ini disampaikan Ketua bidang Hukum dan HAM PP Pemuda Muhammadiyah, Razikin, mengingat jumlah korban terinfeksi Covid-19 mengalami peningkatan tajam setiap harinya.

"Memang, skenario pemotongan rantai penyebaran dan penanganan korban terus diupayakan oleh pemerintah. Namun belum ada tanda-tanda wabah ini akan berakhir," kata Razikin dalam keterangannya, Minggu (29/3).

Dia memandang wabah covid-19 harus diposisikan sebagai ancaman terhadap pertahanan negara yang bersifat nir-militer. Wabah ini sudah mengalami metamorfosa dan sulit dikenali serta sulit dikendalikan.

"Ini merupakan ancaman nyata dan menghantui keselamatan penduduk Indonesia. Dalam konteks itu, Pemerintah bisa memberlakukan operasi militer selain perang," kata Razikin, Minggu (29/3).

Dia menambahkan, TNI memiliki kewajiban dalam membantu instansi lain baik di tingkat pusat maupun daerah melalui skenario Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Ketentuan tersebut secara legal tercantum dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. (fat/jpnn)

Cemas dengan ganasnya virus corona COVID-19, PP Pemuda Muhammadiyah usul Presiden Jokowi berlakukan operasi militer selain perang.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close