Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemudik di Stasiun Senen Dilepas SBY

Kamis, 25 September 2008 – 09:15 WIB
Pemudik di Stasiun Senen Dilepas SBY - JPNN.COM
Presiden SBY dan Ny Ani Yudhoyono saat berada di Stasiun Senen Jakarta.
JAKARTA – Beruntung sekali pemudik yang menumpang KA Ekonomi Matarmaja. Selain naik kereta anyar yang masih mulus, penumpang kereta api jurusan Jakarta-Malang itu dilepas langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Pelepasan ditandai dengan bunyi peluit oleh Menteri Perhubungan Jusman Sjafii Djamal yang mengenakan topi merah sambil membunyikan peluit dan mengangkat semboyan 40 (tanda izin KA berangkat). Kemudian disambut dengan semboyan 41 oleh kondektur dan peluit lokomotif dari masinis.

KA Matarmaja merupakan armada baru untuk menambah kapasitas angkut KA menjelang Lebaran 1429 H. KA Matarmaja dengan rangkaian baru itu  membawa 10 kereta ekonomi dengan stam formasi 9 kereta kelas 3 (ekonomi) dengan kapasitas tempat duduk 106, dilengkapi dengan 1 kereta makan. Kereta tersebut merupakan produk dalam negeri, buatan PT Industri Kereta Api (PT Inka) Madiun.

Di kereta tersebut juga terdapat gerbong khusus bagi lansia, ibu hamil, anak-anak, dan penyandang cacat. SBY dan Ani Yudhoyono sempat naik ke gerbong khusus tersebut untuk berdialog dengan para penumpang. ’’Sabar ya.. 17 jam di kereta. Saya juga dulu sering menggunakan kereta Matarmaja ini, menjenguk keluarga di Blitar. Selamat jalan, salam buat keluarga di rumah," ujar SBY.

SBY bercerita, dulu sering naik kereta api Matarmaja tersebut bersama istri dan anak-anak. ”Sering kali setiap mudik Lebaran saya sowan ke ibunda saya yang tinggal di Blitar. Jadi saya pengguna kereta api ini. Berjam-jam, tapi penuh bahagia karena bertemu orangtua, sanak saudara,’’ kata SBY.

SBY dalam sambutannya pemerintah wajib memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Bukan meminta pelayanan dari rakyat. ’’Pada musim mudik seperti sekarang ini yang jadi panglima adalah rakyat, yang jadi panglima adalah saudara-saudara kita yang akan menggunakan kereta api Matarmaja ini," ujar SBY. (tom)

JAKARTA – Beruntung sekali pemudik yang menumpang KA Ekonomi Matarmaja. Selain naik kereta anyar yang masih mulus, penumpang kereta api jurusan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close