Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pena Mas Ganjar Berkomitmen Optimalkan Peran BUMDes

Kamis, 12 Oktober 2023 – 10:58 WIB
Pena Mas Ganjar Berkomitmen Optimalkan Peran BUMDes - JPNN.COM
Penyuluhan yang diadakan Pena Mas Ganjar untuk mengoptimalkan BUMDes di Batang. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BATANG - Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus dioptimalkan untuk meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan warga setempat.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Wilayah Alumni Muda UNDIP, UNNES dan UNS atau Pena Mas Ganjar Ario Wicaksono Putra saat penyuluhan BUMDes bersama puluhan warga di Desa Lebo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Kamis (11/10).

Ario melihat peluang dan keberadaan BUMDes di sejumlah desa belum berjalan secara optimal. Untuk itu, dirinya merasa bertanggungjawab untuk membantu desa yang membutuhkan.

"Di sini kami membahas lebih lanjut bagaimana persoalan desa dalam mengelola BUMDes dan memberikan pendampingan bagaimana mengelola BUMDes supaya bisa berjalan," kata Ario.

Dalam perjalanannya, Ario mengaku beberapa desa, khususnya di Desa Leboh menghadapi persoalan permodalan dalam membangun unit usahanya.

"Persoalan utama yang dihadapi adalah soal pendanaan, alokasi dana yang dibutuhkan untuk membangun unit usaha yang sudah direncanakan cukup besar dalam membuat produksi es kristal," ujar Ario.

Untuk itu, Ario mengimbau desa untuk memperoleh pendanaan dari pihak luar ataupun mengkolektifkan bersama masyarakat agar unit usaha bisa berjalan dengan lancar.

"Bisa memanfaatkan dana dari luar BUMDes, seperti misalnya investor maupun crowd funding bersama masyarakat setempat," kata Ario.

Sukarelawan Pena Mas Ganjar berkomitmen untuk mengoptimalkan peran BUMDes di wilayah Kabupaten Batang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close