Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penambahan Kuota PPPK 2024 untuk Tendik Sudah Disetujui, Honorer Harap Tenang

Selasa, 21 November 2023 – 17:30 WIB
Penambahan Kuota PPPK 2024 untuk Tendik Sudah Disetujui, Honorer Harap Tenang - JPNN.COM
Dewan Pembina FHNK2I Raden Sutopo Yuwono dan Nurul Hamidah menyerahkan dokumen kepada MenPAN-RB Azwar Anas. Foto: Dokumentasi FHNK2I for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah dan DPR RI tengah fokus menyelesaikan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) turunan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Oleh karena itu, honorer tenaga kependidikan (tendik) diimbau tetap tenang dan fokus bekerja.

Dewan Pembina Forum Honorer Nonkategori Dua Indonesia (FHNK2I) Nurul Hamidah mengatakan bahwa pihaknya telah bertemu langsung dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas. 

Dalam pertemuan tersebut, Nurul bersama Dewan Pembina FHNK2I Raden Sutopo Yuwono secara khusus menyampaikan amanat honorer tendik agar ada nomenklatur untuk penjaga sekolah, operator, pustakawan, laboran, tata usaha sekolah dan tendik lainnya.

"Secara langsung kami bermohon kepada Pak Menteri. Harapan kami bukan hanya teknis administrasi yang ter-cover, tetapi semua," ungkap Nurul kepada JPNN.com, Selasa (21/11).

Menurutnya, harus ada nomenklatur untuk tendik di PP nanti agar dapat mengikuti rekrutmen ASN PPPK. Tanpa payung hukum jelas, Nurul khawatir pemerintah ke depan tetap akan memiliki masalah, dan persoalan honorer tidak bisa tuntas. 

Sejak 2018, FHNK2I bersama PGRI, DPR, dan pemerintah daerah mengusulkan rekrutmen guru sekaligus tendik bersama-sama. Namun, tendik di sekolah negeri terkendala aturan yang mana nomenklaturnya tidak ada. 

"Malah teknis dibuka seluas luasnya, sedangkan jumlah tendik  jauh lebih banyak jumlahnya dibanding tenaga teknis di instansi lain," kata guru PPPK angkatan 2021 ini.

Menurut Nurul, guru dan tendik itu bagai dua sisi mata uang, sama-sama memiliki peran penting untuk keberlangsungan pembelajaran siswa di sekolah.

Penambahan kuota PPPK 2024 untuk tendik sudah disetujui pemerintah dan DPR, honorer harap tenang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close