Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pencabutan Larangan Terbang Maskapai RI Tunggu Sidang Uni Eropa

Rabu, 12 November 2008 – 13:34 WIB
Pencabutan Larangan Terbang Maskapai RI Tunggu Sidang Uni Eropa - JPNN.COM
Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal menyatakan, Uni Eropa (UE) sudah membahas persoalan larangan terbang seluruh maskapai Indonesia ke Eropa yang berlaku sejak Juli 2007. "Sidang mengenai hal itu dihadiri oleh setidaknya 27 negara-negara anggota Uni Eropa," ujar Jusman di gedung Dephub Selasa (11/11). Namun, lanjut Menhub, bilamana diperlukan data tambahan, mereka siap melakukan teleconference dengan pihak-pihak di Indonesia, termasuk otoritas penerbangan (Dephub). Jusman tidak merinci bagaimana hasil dari sidang yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu itu.

Di luar itu semua, pihaknya mengaku sedang berupaya menyelesaikan regulasi di sektor penerbangan. Sebab, pembenahan di dalam organisasi sudah dilakukan, termasuk peningkatan pengawasan terhadap setiap maskapai. Saat ini, Rancangan Undang-Undang Penerbangan masih dibahas di DPR. Menurut rencana UU tersebut akan dapat diselesaikan akhir November ini. "Semuanya sudah dibenahi. Sekarang tinggal regulasinya," ungkap dia.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan secara resmi kepada Presiden Uni Eropa Jose Manuel Baroso agar mencabut larangan terbang bagi maskapai Indonesia. Permintaan tersebut disampaikan ketika bertemu di Beijing, Tiongkok, beberapa waktu lalu. Namun, Uni Eropa belum memberi jawaban soal itu dan mereka berjanji akan segera melakukan pertemuan dengan anggota-anggota UE untuk membahas hal itu.(wir/fan)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia saat ini sedang menunggu hasil sidang Uni Eropa yang membahas kemungkinan pencabutan larangan terbang maskapai Indonesia.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA