Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pendaftaran CPNS 2019 di Portal SSCASN BKN, Bukan SSCN

Jumat, 25 Oktober 2019 – 16:08 WIB
Pendaftaran CPNS 2019 di Portal SSCASN BKN, Bukan SSCN - JPNN.COM
Pendaftaran CPNS 2019 dibuka November, tahun 2020 ada lagi. Peluang menjadi PNS makin besar. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Para pelamar CPNS 2019 yang akan melihat pengumuman formasi apa yang dibuka dan kemudian mendaftar, dipersilakan membuka portal SSCASN BKN. Portal lama SSCN BKN tidak digunakan lagi.

'"Proses rekrutmen CPNS 2019 hanya menggunakan satu sistem yaitu SSCASN. Selain itu tidak ada lagi. Portal SSCN tidak berlaku lagi," kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan kepada JPNN.com, Jumat (25/10).

Tahun ini, formasi yang disiapkan pemerintah sebanyak 197.111 khusus CPNS. Sedangkan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) belum ada kebijakan apa-apa.

Sebelumnya Deputi BKN bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen menjelaskan, tahun lalu jumlah pendaftar CPNS yang membuat akun sebanyak 4,6 juta orang. Namun, yang memastikan data hanya 3,6 juta. Itu belum termasuk Papua, Papua Barat, Palu, dan Donggala.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat mendaftar CPNS, diperkirakan tahun ini ada kenaikan jumlah pendaftar 10-20 persen. Diprediksi 5 jutaan pendaftar akan masuk ke sscasn.bkn.go.id. Karena sudah dihitung dengan wilayah Papua, Papua Barat, Palu, dan Donggala.

Pada prinsipnya, menurut Ridwan, sistem SSCASN BKN sudah siap. Meski begitu masih menunggu cross check data dari Kementerian/Lembaga dan daerah sebelum diumumkan ke publik.

"Harus difinalkan dulu semua formasinya baru bisa dipublikasikan. Semoga sebelum keputusan MenPAN-RB pengumuman CPNS 2019 dimulai, data K/L dan daerah sudah beres semua," tandasnya. (esy/jpnn)

 

Proses pendaftaran CPNS 2019 hanya menggunakan satu sistem yaitu SSCASN BKN, bukan di SSCN BKN.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close