Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peneliti Kimia ITB Klaim Temukan Obat GBS

Anton: Negara Salah Menangani Pasien

Rabu, 10 Agustus 2011 – 12:14 WIB
Peneliti Kimia ITB Klaim Temukan Obat GBS - JPNN.COM
Tissa Trinovia, salah satu penderita Guillian Barre Syndrome (GBS) saat dirawat di RS Dharmais Jakarta. Foto: Afni Zulkifli/JPNN
JAKARTA- Peneliti di Institute Tekhnologi Bandung (ITB), Anton Hartomo mengatakan pemerintah sedang melakukan kesalahan besar dalam menangani penderita Guillian Barre Syndrome (GBS).

"Saya terus membaca perkembangan kasus GBS di media-media. Kalau setiap ada pasien hanya diberi obat dan penanganan yang salah, negara bisa habis miliaran. Saya yakin, GBS ini sudah banyak dan akan semakin banyak di Indonesia," kata Anton pada JPNN, Rabu (10/8).

Anton yang merupakan mantan pengurus Himpunan Kimia Indonesia dan pendiri jurusan Kimia di Institut Tekhnologi Surabaya (ITS) ini mengatakan bahwa GBS bisa diobati dengan pengobatan alternatif bernama air perak. Pengobatan ini diklaim lebih ampuh daripada memasukkan berbagai antibiotik yang justru semakin merusak sistem syaraf dan motorik pasien GBS.

"GBS ini memang unik, pemerintah selalu mengatakan menyerang sistem imun padahal ini juga akibat macam-macam antibiotik yang masuk ke pasien. Jadi saya kasihan saja dengan pasien. Saya sarankan untuk mencoba pengobatan air perak yang saat ini telah kami temukan," kata Anton.

JAKARTA- Peneliti di Institute Tekhnologi Bandung (ITB), Anton Hartomo mengatakan pemerintah sedang melakukan kesalahan besar dalam menangani penderita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close