Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penerapan One Way Padang - Bukittinggi Efektif Mengurai Macet Arus Mudik

Sabtu, 06 April 2024 – 16:22 WIB
Penerapan One Way Padang - Bukittinggi Efektif Mengurai Macet Arus Mudik - JPNN.COM
Uji coba rekayasa lalu lintas satu arah dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi dalam rangka libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024. ANTARA/Fandi Yogari

jpnn.com, PADANG - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Kapolda Sumbar) Irjen Suharyono mengatakan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way efektif dalam mengurai kemacetan arus Mudik Lebaran.

"Kami melihat penerapan sistem one way tahun lalu itu ada keberhasilan," kata Kapolda Sumbar Irjen Polisi Suhayono di Padang, Sabtu (6/4).

Menurut dia, rekayasa lalu lintas satu arah tersebut efektif dan efisien dalam dalam mengurai kemacetan di beberapa titik yang kerap dikeluhkan masyarakat terutama saat libur Hri Raya Idulfitri 1445 Hijriah/2024.

"Biasanya ada jalur yang kalau ditempuh itu butuh waktu tujuh jam. Namun, dengan one way bisa menjadi tiga jam," ucapnya

Belajar dari penerapan sistem satu arah dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi dan sebaliknya saat libur Idulfitri 2023, pemerintah daerah bersama instansi terkait mengevaluasi beberapa hal.

Evaluasi itu di antaranya terdapat beberapa simpul atau titik ruas jalan yang masih terjadi kemacetan.

Oleh karena itu, pelaksanaan one way 2024 terdapat beberapa perubahan dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan seperti tahun sebelumnya, kepolisian bersama instansi lainnya akan mengawasi beberapa persimpangan jalan dan mengarahkannya ke jalur alternatif

Kapolda Sumbar Irjen Suharyono sebut rekayasa lalu lintas satu arah atau one way efektif mengurai macet arus Mudik Lebaran. Sudah diuji coba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close