Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penerima travel chequeMudah Terlacak

Jumat, 12 September 2008 – 10:46 WIB
Penerima travel chequeMudah Terlacak - JPNN.COM
JAKARTA - Melacak asal dan penerima traveller cheque alias cek perjalanan sebenarnya bukan perkara susah. Sebab, setiap pencairannya diperlukan bukti identitas. ’’Semua bank bisa terima, asalkan ada agreement dengan penerbit travel cheque. Biasanya di bank-bank devisa. Kalau di BPR, tidak bisa,’’ ujar ekonom PT BRI Tbk Djoko Retnadi, Kamis (11/9).

Saat penerima cek perjalanan mencairkan di bank, lanjut dia, petugas tinggal mengecek keaslian surat berharga tersebut. ’’Sudah ada semacam network untuk melihat apakah cek perjalanan itu palsu atau tidak. Cuma dilihat nomor serinya sudah bisa diketahui (apakah palsu atau tidak),’’ tuturnya.

Setelah dipastikan keasliannya, petugas bank menyodorkan formulir dan meminta KTP. ’’Form-nya berisi nama, alamat, nomor telepon, dan sebagainya. Persis dengan jual beli USD,’’ jelas Djoko. Di form itu, orang yang akan menguangkan diminta untuk membubuhkan tanda tangan sebanyak dua kali. Kemudian, cek itu pun bisa dicairkan.

Dengan prosedur semacam itu, pemberi (pembeli) maupun penerima cek perjalanan sangat mudah dilacak. ’’Istilahnya, (kalau dipakai suap) bunuh diri karena diminta KTP-nya. Semuanya dengan sangat mudah terlacak,’’ ujarnya.

JAKARTA - Melacak asal dan penerima traveller cheque alias cek perjalanan sebenarnya bukan perkara susah. Sebab, setiap pencairannya diperlukan bukti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA