Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penetapan DPT Buktikan KPU Tak Konsisten

Senin, 24 November 2008 – 20:32 WIB
Penetapan DPT Buktikan KPU Tak Konsisten - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Penetapan Ulang Daftar Pemiih Tetap (DPT) oleh Komisi Pemilian Umum (KPU) dinilai akan mengganggu jadwal dan tahapan Pemilu yang sudah ditetapkan. Penetapan ulang DPT sekaligus membuktitkan bahwa KPU tidak konsisten dengan jadwal yang telah dibuat sendiri. Hal itu disampaikan Mantan Ketua Panitia Khusus RUU Pemilu Legislatif Ferry Mursyidan Baldan di Jakarta, Senin (24/11). "Penetapan ulang DPT merupakan bukti ketidakkonsistenan KPU terhadap tahapan pemilu yang disusun dan dikhawatirkan akan terus berlangsung sehingga keseluruhan tahapan pemilu terganggu," ujar Ferry.

 

Politisi muda Golkar ini merincikan, penetapan ulang DPT jelas akan berpengaruh pada tahapan persiapan pemilu teutama dalam hal pengadaan logistic Pemilu. "Karena hal ini berkaitan dengan logistik pemilu, surat suara, dan tempat pemungutan suara (TPS). Dampak yang dikhawatirkan adalah pelaksanaan pemilu bisa tertunda," tandasnya.

 

Lebih lanjut anggota Komisi II DPR ini menambahkan, penetapan ulang DPT juga akan menurunkan kredibilitas KPU karena sebagai penyeenggara Pemilu, KPU telah diberikan kesempatan untuk menyusun tahapan pemilu berdasarkan kemampuan KPU dalam satu kesatuan kerja.

 

"Penetapan ulang ini akan membuat ketidakpastian pada jumlah pemilih dan TPS, serta pendistribusian logistik pemilu yang didasarkan jumlah pemilih di tiap TPS. Hal tersebut juga akan menunda pencetakan surat suara, padahal di UU sudah ada pembatasan bahwa surat suara dicetak maksimal dilebihi 2,5 persen saja," papar Ferry.

 

JAKARTA - Penetapan Ulang Daftar Pemiih Tetap (DPT) oleh Komisi Pemilian Umum (KPU) dinilai akan mengganggu jadwal dan tahapan Pemilu yang sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close