Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengadaan Alat untuk Lab Tes Corona di RSPAD Gatot Subroto Terkendala Lockdown Italia

Minggu, 05 April 2020 – 04:44 WIB
Pengadaan Alat untuk Lab Tes Corona di RSPAD Gatot Subroto Terkendala Lockdown Italia - JPNN.COM
Personel TNI AD berjaga-jaga di RSPAD Gatot Soebroto di Jakarta Pusat. Foto: Aristo S/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - TNI Angkatan Darat tengah mengebut pembangunan laboratorium untuk menunjang tes cepat atau rapid test virus corona (COVID-19) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Namun, ada kendala soal pengadaan peralatan laboratoriumnya.

Terdapat sejumlah peralatan laboratorium yang sedianya didatangkan dari Italia. Masalahnya saat ini Italia sedang menerapkan kebijakan penguncian diri atau lockdown untuk mencegah persebaran virus corona.

KASAD Jenderal Andika Perkasa pun meminta jajarannya segera mencari alternatif sebagao solusi. Targetnya adalah pada pertengahan April ini sudah ada kepastian.

Andika menyampaikan hal itu dalam telekonferensi dengan jajaran Mabes TNI AD, Jumat (2/4). “Berarti harus cari alternatif lain karena Italia belum tahu kapan dibuka. Minta vendor untuk mencari dari negara lain, kalau bisa dipercepat jangan menunggu hingga pertengahan April,” katanya.

Dalam telekonferensi itu perwakilan RSPAD memaparkan daftar kebutuhan untuk pembangunan laboratorium tes COVID-19. Di antaranya adalah mobile x-ray sebanyak lima unit, flat digital radiology (3 unit) dan wall shielding (15 unit).

Untuk mobile x-ray sudah masuk dalam daftar pengadaan di Kementerian Pertahanan. Namun, daftar pengadaan itu belum mencakup alat-alat pelengkap mobile x-ray.

Asisten Logistik KASAD Mayjen Jani Iswanto dalam telekonferensi itu melaporkan bahwa mobile x-ray akan didatangkan dari Italia. Namun, saat ini Italia masih lockdown.

Oleh karena itu Jenderal Andika menyodorkan solusi. “Untuk alat penunjang mobile x-ray dari TNI AD saja, karena hanya mobile x-ray saja yang dipesan melalui Kemenhan,” ujar Jenderal Andika.

TNI Angkatan Darat tengah menggenjot pembangunan laboratorium untuk menunjang tes cepat atau rapid test virus corona (COVID-19) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close