Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengadaan Pesawat Tempur KFX-IFX, Indonesia Berkomitmen Tetap Bekerja Sama dengan Korsel

Selasa, 14 November 2023 – 07:33 WIB
Pengadaan Pesawat Tempur KFX-IFX, Indonesia Berkomitmen Tetap Bekerja Sama dengan Korsel - JPNN.COM
Direktur Teknologi dan Pertahanan Kemenhan RI Marsma Dedy Laksmono dalam workshop keempat “Indonesia Next Generation Journalist Network in Korea”, kerja sama Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Korea Foundation. Foto: dokumentasi FPCI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Teknologi dan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Marsma Dedy Laksmono mengatakan Indonesia berkomitmen tetap bekerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) dalam memasok pesawat tempur KFX-IFX.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia harus terus melanjutkan kerja sama dengan negara Ginseng itu siapa pun pemimpin negara ke depan.

Hal tersebut diungkapkannya dalam workshop keempat “Indonesia Next Generation Journalist Network in Korea” yang merupakan kerja sama antara Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Korea Foundation.

“Ini adalah kerja sama antarnegara dan program prioritas nasional. Kalau program negara itu kan siapa pun pemerintahnya harus tetap melanjutkan,” ucap Dedy, Jumat (27/11) lalu.

Menurut Dedy, Indonesia juga bakal melunasi pembiayaan pengembangan jet tempur KF-21 Boramae atau Korea Fighter X (KFX) dan Indonesia Fighter X (IFX).

Proyek pengembangan tersebut diketahui bernilai 8,8 triliun won atau sekitar Rp 100 triliun.

Kewajiban pembayaran yang ditanggung oleh pemerintah Indonesia sebesar 20 persen, Korea Selatan sebesar 60 persen, dan Korea Aerospace Industries (KAI) 20 persen.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kata Dedy, menjadi hambatan pembayaran yang mencapai sekitar Rp 14 triliun itu.

Indonesia berkomitmen tetap bekerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) dalam pengadaan pesawat tempur KFX-IFX. Simak penjelasan Kemenhan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close